Serdang Bedagai, InfoPublik – Pekan Olah Raga Wilayah Sumatera Utara (PORWILSU) yang dilaksanakan dalam empat tahun sekali bertujuan untuk menseleksi atlit-atlit menuju event Pekan Olah Raga Provinsi Sumatera Utara (PORPROVSU) yang tahun ini akan digelar di Kota Medan. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengharapkan agar para atlit semaksimal mungkin bertanding untuk mendapatkan juara di iven ini.

Harapan tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya saat melepas kontingen PORWILSU Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis Pagi (29/3). Hadir dalam pelepasan tersebut para Kepala OPD, Ketua KONI Sergai Siswanto beserta jajaran, Koordinator KONI kecamatan se-Sergai, para pelatih dan ofisial serta para atlit yang akan bertanding.

Lebih lanjut Wabup Darma Wijaya menyampaikan bahwa melalui prestasi olahraga, bangkitnya suatu nama kabupaten/kota di seluruh Provinsi Sumut yaitu dengan PORWILSU dan PORPROVSU ini. Untuk itu Wabup berpesan kepada atlit-atlit yang akan bertarung di PORWILSU akan membuat kebanggaan bagi pemerintah, KONI dan masyarakat Kabupaten Sergai.

Disampaikannya bahwa melalui iven PORWILSU ini, bertandinglah secara sportif, jalin tali persaudaraan, jalin silaturahmi di antara sesama atlit, pelatih, official dan insan olahraga demi menciptakan rasa persatuan, kesatuan di antara kontingen dari kabupaten/kota lain pada PORWILSU  ini serta jaga nama baik Kabuputen Tanah Bertuah Negeri Beradat yang dicintai ini.

Sebelumnya laporan Ketua Panitia Pelaksana menuju PORWILSU tahun 2018 Sakarani melaporkan bahwa maksud dan tujuan pengiriman atlit Kabupaten Serdang Bedagai ke iven PORWILSU adalah untuk menampilkan prestasi terbaik yang sebelumnya merupakan rangkaian program pembinaan olahraga oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) serta KONI Sergai.

Dalam program pembinaan ini yang diambil dan dibina adalah atlit-atlit yang meraih juara I di Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) yang dilaksanakan pada bulan April tahun 2017 lalu. Selanjutnya mereka akan mengikuti pemusatan pelatihan (pelatda) KONI Sergai dari bulan Oktober s/d Desember 2017 dan dilanjutkan dari bulan Januari s/d Maret 2018.

Pelaksanaan PORWILSU tahun 2018 dilaksanakan dari tanggal 2 April s/d 13 Mei 2018. Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan pada PORWILSU tahun 2018 terdiri dari 14 cabang olahraga dan Kabupaten Sergai mengikuti 12 cabang olahraga tersebut.

Adapun tempat pelaksanaannya terdiri atas sepak bola dan drum band bertempat di Kabupaten Dairi, angkat besi dan karate bertempat di Kabupaten Simalungun, bulu tangkis dan bola voli di Kota Medan, atletik di Batu Bara, tenis meja di Sergai, pencak silat, taekwondo, gulat dan tinju bertempat di Kabupaten Langkat. Untuk jumlah atlit keseluruhan sebanyak 196 orang dan pelatih 30 orang, kata Sakarani. (MC Sergai/vivi/eyv)