Karanganyar, InfoPublik - Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meningkatkan kesiapan pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) untuk mengakses pembiayaan non perbankan pada “Workshop Cara Presentasi dan Penyusunan Proposal” yang digelar di Hotel Jawa Dwipa, Karanganyar, Jawa Tengah, hari ini (28/3). Bekraf memfasilitasi 150 pelaku usaha ekraf untuk mengikuti acara ini.

“Permodalan adalah salah satu kendala pelaku ekraf dalam memulai maupun mengembangakan usaha. Pembiayaan non perbankan adalah salah satu alternatif pembiayaan yang bisa diakses oleh pelaku ekraf. Maka, kami menggelar workshop ini untuk meningkatkan kesiapan pelaku ekraf mengakses pembiayaan non perbankan,” ungkap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah.

Pelaku usaha ekraf membutuhkan kesiapan dalam pengajuan usulan kebutuhan permodalan sesuai dengan tahapannya. Workshop yang diselenggarakan Bekraf di Karanganyar ini bertujuan mempersiapkan pelaku usaha ekraf mengakses permodalan non perbankan dengan meningkatkan pengetahuan pelaku ekraf tentang cara presentasi dan penyusunan proposal untuk mendapatkan akses permodalan non perbankan sesuai tahapan bisnis.

Workshop cara presentasi dan penyusunan proposal bagi pelaku usaha ekraf untuk mendapatkan akses permodalan non perbankan di Karangananyar ini dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI, Laila Istiana, yang menginformasikan peran sektor ekraf dalam pembangunan ekonomi.

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah, menyampaikan peran pemerintah untuk mendukung ekosistem pengusaha rintisan(startup) Indonesia serta akses permodalan non perbankan.Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, menghadiri acara ini untuk menjelaskan peran sektor ekraf dalam pembangunan ekonomi Kabupaten Karanganyar.

Bekraf mengundang Presiden PBMT Indonesia, Joelarso, untuk menyampaian materi bertema “kecerdasan finansial bagi pelaku ekraf” dan Direktur PBMT Ventura, Harjono Sukarno, yang menginformasikan cara presentasi dan penyusunan proposal bagi pelaku usaha ekraf untuk mendapatkan akses permodalan non perbankan.

“Harapan kami, peluang pelaku usaha ekraf mendapatkan akses permodalan non perbankan makin besar,” pungkas Syaifullah.(mm)

***

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Kontak Media:

Mariaman Purba

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

T: +62 813 1750 6456

Email: mariaman.purba@bekraf.go.id

Website: http://www.bekraf.go.id/

Twitter: @BekrafID