82 SMP di Pekanbaru Siap Laksanakan UNBK

:


Oleh MC KOTA PEKANBARU, Jumat, 30 Maret 2018 | 20:24 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 268


Pekanbaru, InfoPublik - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, mengatakan bahwa 82 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekanbaru siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Yang tidak bisa menyelenggarakan UNBK karena jumlah muridnya banyak. Kita sudah diizinkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau untuk menumpang di SMA dan SMK Negeri dan swasta yang melaksanakan UNBK," ujar Jamal, Selasa (27/3) di Pekanbaru.

Lebih lanjut Jamal menambahkan, pelaksanaan UNBK sendiri akan digelar di beberapa gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan lokasinya berdekatan dengan SMP sehingga siswa tidak perlu jauh-jauh untuk melaksanakan ujian.

"Jarak SMA yang akan kita pinjam itu tidak akan jauh dengan SMP yang akan melaksanakan UNBK. Tidak ada yang lebih dari 1 kilometer," ungkap Jamal.

Saat disinggung sejauh mana persiapan yang saat ini sudah dilakukan jelang pelaksanaan UNBK, Jamal mengaku seluruh tahapan persiapan sudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan simulasi dan tryout.

"Simulasi dan tryout sudah dilaksanakaan sesuai dengan anjuran Kementerian Pendidikan dan sejauh ini kita belum menemukan ada kendala," tuturnya.

Pelaksanaan UNBK dijadwalkan akan dilaksanakan mulai tanggal 23 hingga 26 April mendatang. Pihaknya berharap orang tua siswa yang anaknya melaksanakan ujian dengan komputer tidak perlu cemas, sebab UNBK diyakini akan memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian.

"Dari hasil simulasi, anak-anak tidak ada yang canggung, karena dengan komputer ini cukup memudahkan siswa dalam mengerjakan soal ujian. Jadi orangtua tidak perlu takut, kerena inovasi ini dibuat tentu tujuanya untuk mempermudah siswa," tutup Jamal. (Kominfo6pku/RD2/TR)