Wagub Aceh Resmikan Bus Sekolah Gratis di Simeulue

:


Oleh MC PROV ACEH, Rabu, 28 Maret 2018 | 18:01 WIB - Redaktur: Tobari - 304


Simeulue, InfoPublik – Wakil Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah meresmikan penggunaan empat bus gratis bagi pelajar, di Kota Simeulue, Selasa (27/3), sekaligus merupakan bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat. 

Wagub Nova menyebutkan, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue dengan menggrartiskan moda transportasi bagi pelajar merupakan sebuah langkah maju. Di mana, apa yang dilakukan merupakan bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat. 

Apalagi, pendidikan (bersama kesehatan) merupakan program utama Pemerintah Aceh yang tertuang dalam visi-misi Pemerintahan Irwandi-Nova. “Satu langkah maju dilakukan dalam rangka melayani masyarakat ke jantung program yaitu pendidikan,” kata Wagub Nova.

Dengan telah disediakan fasilitas gratis, Nova meminta agar para siswa bisa memupuk kemauan untuk belajar, karena pendidikan merupakan salah satu cara mengurai kemiskinan.

Sementara Bupati Simeulue Erli Hasyim, menyebutkan rencana pemerintah daerah menggratiskan transportasi bagi seluruh pelajar di sana masih terkendala pada terbatasnya sarana bus. Selama ini hanya ada 4 unit bus yang bersumber dari bantuan Pemerintah Aceh, CSR Bank Aceh serta dua unit bantuan Kementerian Perhubungan.

Kabupaten Simeulue tercatat punya 10 kecamatan dengan 38 kemukiman. Karena itu, ia meminta agar Pemerintah Aceh bisa memberikan bantuan bus tambahan, yang minimalnya setiap satu bus bisa melayani pelajar di satu kecamatan.

“Simeulue begitu luas dan sangat sulit dijangkau. Mudah-mudahan kehadiran Pak Wagub bisa menutupi kekurangan yang ada,” kata Bupati Erli.

Menjawab permintaan Bupati Erli, Wagub Nova meminta agar Pemkab Simeulue mempersiapkan dua surat yang ditujukan kepada Pemerintah Aceh dan Dirjen Perhubungan Darat. Wagub menyebutkan jikapun tak bisa dianggarkan melalui anggaran APBA tahun 2018, ia akan mengusahakan pengadaan bus di tahun 2019.

“Buatkan juga surat ke Dirjen Perhubungan Darat, nanti akan saya akan antar sendiri langsung suratnya sekaligus ke DPR RI,” kata Nova. (Rd/RlsHumas/toeb)