BMKG : Siklon Tropis Jelawat Mendekat ke Indonesia Timur

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Selasa, 27 Maret 2018 | 07:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 419


Surabaya, InfoPublik - Saat ini kondisi cuaca di Indonesia sedang kedatangan siklon baru, yaitu Siklon Tropis Jelawat. Namun siklon ini akan mendekati Indonesia wilayah timur. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan terjadi siklon tropis Jelawat di Samudra Pasifik Timur Filipina ini. 

Dikutip dari pesan singkat grup info publik BMKG Jatim, Senin (26/3), akibat adanyanya siklon tersebut, maka diperkirakan akan terjadi sirkulasi siklonik di Samudra Hindia, khususnya Selatan Jawa (level 925/700). Konvergensi tersebut terdapat di wilayah Lampung, Laut Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara hingga Laut Arafuru. 

“Siklon Tropis Jelawat memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia, antara lain berupa Hujan dengan intensitas ringan - Sedang berpeluang terjadi di wilayah Maluku Utara dan Papua Barat bagian Utara,” kata Humas BMKG Hary T Djatmiko. 

Dampak lainnya, gelombang dengan tinggi gelombang 1.25 - 2.5 m berpeluang terjadi di Perairan Kep.Sangihe Talaud, Laut Maluku bagian Utara, Laut Halmahera, Laut Seram, Perairan Sarmi - Jayapura, Teluk Cendrawasih. Begitu juga gelombang dengan tinggi 2.5 - 4.0 m berpeluang terjadi di perairan Kep. Talaud, Kep. Halmahera, Perairan Utara Papua Barat dan Utara Biak.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-sti/eyv)