Jakarta, InfoPublik - Baru pertama kali mau ke luar negeri, tenang! sekarang ada aplikasi Safe Travel yang resmi dibuat dan dikembangkan Kementerian Luar Negeri RI, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kebenaran informasinya.

Aplikasi yang bisa diunduh di google play store melalui smartphone ini berisi informasi praktis yang diperlukan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang akan, atau sedang berada di luar negeri dengan berbagai keperluan masing-masing (wisata, studi, TKI, bisnis, dsb).

Anda dapat mengakses informasi negara tujuan Anda yang meliputi: perbedaan waktu, kondisi keamanan, hukum dan kebiasaan setempat, persyaratan keimigrasian, kesehatan, pelayanan di KBRI/KJRI/KRI, kuliner Indonesia hingga tempat ibadah. Sampai informasi tentang colokan listrik yang dipakai di negara tersebut.

Dengan mendaftarkan perjalanan Anda ke luar negeri melalui Safe Travel, Anda juga akan mendapatkan notifikasi berupa imbauan, saran, maupun peringatan terkait negara tempat Anda berada.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengakses informasi pelayanan yang disediakan oleh KBRI/KJRI/KRI. Anda tak perlu lagi khawatir apabila paspor Anda hilang. Ikuti petunjuk dan persyaratan dalam aplikasi untuk mendapatkan dokumen pengganti.

Aplikasi Safe Travel juga bisa membantu anda dalam kondisi darurat, lewat fitur DARURAT yang dapat digunakan untuk meminta pertolongan cepat dalam kondisi yang membahayakan jiwa. Anda dapat mengirimkan lokasi, merekam video dan menelpon KBRI/KJRI/KRI terdekat dan melaporkan kejadian yang Anda alami.

(Sumber: Kemlu RI)