Balmon NTB Gelar Sosialisasi Pengguna Frekuensi Radio dan Perangkat Daerah

:


Oleh MC KAB SUMBAWA, Senin, 26 Maret 2018 | 07:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 478


Sumbawa Besar, InfoPublik. Balai Monitor Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Sosialisasi Pengguna Frekuensi Radio dan Perangkat Daerah  di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan dimaksud dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Orari Lokal Sumbawa masa bhakti 2018-2021, dilaksanakan pada Kamis Pagi (23/3) di Aula SMK  N 1 Sumbawa Besar.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Ir. A. Yani menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Orari yang telah mengeksplore, mensosialisasikan, dan mempublish program pembangunan, sosial dan kemasyarakatan dalam setiap momentum dan event daerah.

Disampaikan pula bahwa infrastruktur komunikasi sangat strategis, dalam memfilter ketahanan sosial, dalam rangka memperkuat NKRI, terutama dalam menghindari berita bohong (hoaks), fitnah, ujaran kebencian (hate speech) dan intimidasi.

Sementara itu, Kepala Balai Monitor NTB Komang Sudiarta, SH.,MH menyampaikan spektrum frekuensi radio merupakan Sumber Daya Alam yang sangat strategis bagi kemajuan bangsa dan negara yaitu untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, memperlancar kegiatan pelayanan pemerintahan, memantapkan pertahanan dan keamanan nasional, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kerja sama antar bangsa yang harmonis dan berkesinambungan. Terkait hal tersebut, penggunaan spektrum radio harus dikelola dengan baik dan dapat dipergunakan demi peningkatan kemakmuran hajat hidup masyarakat, dan untuk mewujudkan hal tersebut penggunaan spektrum frekuensi  radio harus secara tertib dilengkapi dengan Ijin Stasiun Radio (ISR).

Disampaikan pula bahwa spektrum frekuensi radio dalam upaya mewujudkan Indonesia Broadband Economy, keamanan transaksi online, migrasi TV analog ke digital, hingga standarisasi perangkat dan alat-alat telekomunikasi. TIK (Teknologi dan Komunikasi) atau Information and Communication Technology (ICT) telah menjadi sektor yang tak terpisahkan dari segala aspek kehidupan, karena pemanfaatan TIK di segala bidang membuat aktivitas kehidupan menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih ekonomis dan murah.

Sesuai tema sosialisasi penggunaan spektrum frekuensi adalah "melalui spektrum kita tingkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan spektrum frekuensi radio secara tertib, efektif dan efisien”, diharapkan dapat menjadi acuan dalam berkomunikasi sehari-hari, dan sesuai harapan pemerintah yaitu mewujudkan penggunaan spektrum frekuensi radio yang tertib, efektif dan efisien serta bebas dari interference (gangguan). (ra/mckabsumbawa/eyv)