Bupati Sergai : Pertunjukan Seni Upaya Untuk Lestarikan Budaya

:


Oleh MC KAB SERDANG BEDAGAI, Minggu, 25 Maret 2018 | 09:58 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 422


Serdang Bedagai, InfoPublik – Pertunjukan kesenian sangat penting sebagai salah satu upaya melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa agar terbebas dari pengaruh globalisasi dunia yang dapat merusak karakter dan tatanan kehidupan. Bangsa Indonesia akan mengalami krisis mental dan karakter jika budaya, adat istiadat dan tradisi leluhur termasuk kecintaan pada bahasa daerah, tidak dikuatkan.

Hal ini dikatakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara, Soekirman saat menyaksikan pertunjukan Seni Budaya pada acara Malam Kesenian Daerah Sergai dalam rangkaian Kegiatan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-47 Tahun 2018 di Open Stage Komplek PRSU, Rabu (21/3) malam.

“Sergai merupakan kabupaten yang multi etnis memiliki ciri khas budaya yang beraneka ragam sehingga tidak hanya sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan saja tetapi keberagaman budaya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, dapat diberdayakan secara optimal sehingga mampu menarik investor untuk melakukan kegiatan usaha yang menjanjikan,” katanya.

Saat ini Sergai dikatakannya sedang berupaya menjadi salah satu Kampung Pangan di Indonesia, mengingat sektor pertanian yang selalu surplus. Istilah Kampung Pangan sendiri merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Sergai agar giat meningkatkan hasil pertanian sebagai sumber pangan dan selalu mencintai makanan tradisional sebagai ciri khas budaya.

Untuk itu Bupati Soekirman mengharapkan melalui pentas seni budaya ini dapat menjadi daya tarik khususnya bagi diri kita sendiri untuk semakin mencintai budaya bangsa, bahkan dijadikan sumber pendapatan daerah.

Ada enam jenis tarian yang ditampilkan para generasi muda Sergai pada malam pentas seni budaya tersebut diantaranya Tari Jawa (Tari Bocah Gondhang Kasih), Tari Serampang XII, Tari Bali (Asmara Nada), Tari Batak Toba (Tari Pidong Gereja), Tari Zapin Estafet dan Tari Simalungun (Tari Sermadengandengan).

Sergai Punya Wisata Agro

Sebelum membuka acara malam Kesenian Daerah Kabupaten Sergai pada PRSU ke-47, Bupati Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya melakukan sesi wawancara on air bersama Radio Republik Indonesia (RRI) Medan di Paviliun Sergai dan di Relay di Radio 92,5 Sergai FM.

Sekitar enam pertanyaan terkait keterlibatan Sergai pada PRSU ke-48 Tahun 2018 yang dijawab dan dipaparkan Soekirman dengan harapan yang besar melalui pelaksanaan PRSU akan turut mempengaruhi tingkat investasi terhadap sektor pariwisata dan perdagangan khususnya di Sergai.

Selain menjadi ajang promosi produk-produk unggulan, PRSU juga dapat dijadikan sebagai pusat informasi atas kesempatan berinvestasi di kabupaten yang terkenal dengan objek wisata pantainya tersebut.

Pada kesempatan yang sama Bupati Soekirman juga menyampaikan harapannya terhadap kabupaten yang memiliki keberagaman budaya tersebut agar dapat memiliki Wisata Agro dimana para wisatawan diajak untuk tidak hanya menikmati pemandangan saja tetapi juga pengalaman bercocok tanam ataupun memanen hasilnya.

"Tentunya hal ini akan memberikan kepuasan bathin tersendiri bagi wisatawan," harap Bupati.(MC.Serdang Bedagai/vivi/TR)