Bonebol, InfoPublik – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menggelar rapat pencanangan dan penggalangan komitmen bersama menuju Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) tahun 2018.

Rapat pencanangan dan penggalangan komitmen bersama tersebut, dibuka secara resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Ishak Ntoma, di ruang poliklinik RSUD Toto Kabila, Jum'at (23/3).

Sekda Bonebol Ishak Ntoma didampingi Asisten III Syarifudin Uloli, dan Direktur RSUD Toto Kabila dr. Serly Daud, M.Kes, mengatakan untuk menuju rumah sakit yang terakreditasi SNARS 2018, maka rumah sakit ini harus mempersiapkan diri dan lembaganya untuk bagaimana benar-benar akan terakreditasi dengan predkiat yang kita harapkan bersama.

“Waktu kita tinggal enam bulan atau 200 hari ke depan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Olehnya itu, mari kita pelototin, benahi, lengkapi, dan sempurnakan apa yang menjadi persyaratan dari penilaian akreditasi rumah sakit. Sehingga benar-benar RSUD Toto ini bisa mendapatkan akreditasi yang kita harapkan bersama,”ujar Sekda Ishak Ntoma.

Sekda mengakui, memang masih banyak yang perlu dibenahi di RSUD Toto Kabila, sehingga bisa meraih akreditas rumah sakit yang diharapkan tersebut. Namun demikian, pemerintah daerah, kata Ishak Ntoma, berharap dengan segala kekurangannya, RSUD Toto Kabila tetap harus memperhatikan kelengkapan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selain itu, terkait kelengkapan manajemen rumah sakit, termasuk memperhatikan keselamatan pasien, keselamatan dokter dan perawat juga harus ada SOP-nya. Kemudian kelengkapan sarana prasarana dan fasilitas umum yang mendukung pelaksanaan rumah sakit ini.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua, untuk kita benahi, kita lengkapi dalam waktu 200 hari kedepan, sehingga benar-benar RSUD Toto ini, bisa beroleh nilai yang kita harapkan. Saya yakin dengan kebersamaan kita, pasti kita bisa meraih akreditasi SNARS tersebut,”ungkap Sekda Ishak Ntoma.

Sebelumnya, Direktur RSUD Toto Kabila dr. Serly Daud, M.Kes, menjelaskan dengan kita menggalang komitmen bersama, berarti kita siap menuju akreditasi SNARS 2018.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini pak Bupati Bonebol Hamim Pou, pak Sekda Ishak Ntoma, pak Asisten III Syarifudin Uloli, yang telah menandatangani komitmen bersama dan mendukung RSUD Toto menuju akreditasi SNARS 2018,”ucap Serly Daud.

Dia menambahkan adapun yang menjadi tujuan dari akreditasi rumah sakit itu sendiri adalah untuk menilai dan mengukur sejauh mana kepatuhan dari rumah sakit terhadap standar-standar yang susah disusun oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Lebih lanjut, Selry mengatakan untuk menghadapi penilaian akreditasi SNARS 2018 ini, pihaknya sudah beberapa minggu terakhir ini telah menyusun dan membentuk tim persiapan akreditasi RSUD Toto Kabila dan sudah di SK-kan oleh Bupati Bone Bolango.

“Tim yang dibentuk ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Apakah dari dokter, perawat, dan dari sarjana kesehatan lainnya, termasuk dari sarjana ekonomi, dan bagian administrasi lainnya,”kata Serly Daud yang juga mantan Direktur RSUD Tombulilato, Kabupaten Bone Bolango ini. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)