Sekda: Fokus Penyelesaian RPJMD

:


Oleh MC PROV RIAU, Jumat, 23 Maret 2018 | 20:55 WIB - Redaktur: Tobari - 206


Pekanbaru, InfoPublik - Dalam mengejar target penyelesaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2014-2019, Pemprov Riau akan melakukan penajaman program kegiatan pada tahun 2018.

"Kita perlu pertajam, karena kita harus mencapai indikator capaian target RPJMD, itu untuk yang pertama," kata Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi wartawan, Rabu (21/3) saat ditemui di Kantor Gubernur Riau. 

Yang kedua,  kita masih menghitung dan mungkin nanti difinalisasi pada saat laporan hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)  tentang SiLPA (Selisih Lebih Penggunaan Anggaran) tahun 2017. Karena disitu ada unsur pendapatan, yang kita identifikasi sekarang bahwa pendapatan kita di tahun 2017 tidak mencapai target.

Tapi terkait dengan SiLPA serapannya memang mencapai sekitar 98%.  "Itu berbanding lurus dengan perhitungan SiLPA, sekitar Rp 1,08 triliun,  berarti hampir mirip-mirip,  cuma karena pendapatan kita tidak tercapai, memang disini perlu ada penajaman program tahun 2018," tutur Sekda.   

Namun,    mekanisme untuk itu diatur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP)  2018.  Sekda juga menuturkan,  penerimaan yang tidak tercapai oleh pihaknya sebagian besar dari Dana Transfer Daerah.  

"Bagi hasil Migas mendekati angka enam ratusan miliar,  makanya oleh karena itu kita mau rapat dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah), mau mengkonsolidasi, merekonsiliasi itu, supaya ditahun 2018 ini kita mengoptomalisasi pendapatan," ujar Sekda.  (MCR/Dwi/toeb)