Ular Tangga GenRe, Edukatif KB Karya Remaja Dusun Dermonganti

:


Oleh MC KAB TEMANGGUNG, Jumat, 23 Maret 2018 | 13:48 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 5K


Temanggung, InfoPublik – Remaja dusun Dermonganti, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah mengembangkan permainan ular tangga genre atau ular tangga yang didalamnya ada sarana edukasi tentang pembelajaran Bina Keluarga Remaja (BKR). Dalam permainan tersebut diselipkan soal-soal tentang pengetahuan seputar dunia kesehatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Temanggung, Masruchi mengatakan, bahwa manfaat Ular Tangga GenRe untuk menambah pengetahuan tentang edukasi kesehatan dengan cara yang lebih menyenangkan, berupa permainan

"Selainjuga dapat melatih memecahkan masalah, melatih kerjasama, melatih emosional dan berusaha untuk meraih target," katanya usai acara penilaian Lomba BKR tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kamis (22/3) di Semarang.

Ular Tangga GenRe memang dikemas sebagai permainan yang berisi pemahaman tentang program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) pada umumnya. Adapun substansi program GenRe pada antara lain, Pengawasan Usia Perkawinan (PUP), Life Skills, Triad Kesehatan Reproduksi Remaja atau tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza.

Melalui simulasi permainan ular tangga GenRe, program ini menjadi menarik dan mudah dipahami. 

“Diharapkan dengan adanya permainan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku remaja agar mereka dapat berperilaku sehat, dapat mendewasakan usia perkawinan, terhindar dari risiko Triad KRR. Selanjutnya dapat menjadi contoh, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya serta mempunyai perencanaan yang matang dalam penyiapan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera,” ujar Masruchi. (MC TMG/Agung/EJP/TR)