Tabalong Dorong Petaninya Kembangkan Buah-buahan Musiman

:


Oleh MC KAB TABALONG, Jumat, 23 Maret 2018 | 09:52 WIB - Redaktur: Tobari - 420


Tanjung, InfoPublik – Sebanyak 30 orang dari seluruh kelompok tani yang ada di kabupaten Tabalong mendapatkan bimbingan teknis oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong tentang Perbaikan Budidaya Tanaman Buah dan Tanaman Hias, di Aula Bappeda, Kamis (22/3).

Para petani buah ini diberikan gambaran tentang cara membudidayakan buah-buah musiman yang selama ini menjadi unggulan di Kabupaten Tabalong agar terus bisa berbuah sepanjang tahun.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Johan Effendy mengatakan, bahwa saat ini buah –buah unggulan seperti langsat, durian likul dan mahrawin, tengah sudah menjadi idola bagi masyarakat luas namun tumbuhnya tidak secara budidaya.

Oleh sebab itu, melalui bimtek ini diharapkan buah-buah tersebut bisa tumbuh secara budidaya dan ada sepanjang tahun. “Nah tahun-tahun terakhir ini kita mencoba budidaya, dan bisa kita pelihara melalui pemupukan dan lainnya,” ujar Johan.

Sementara itu, Hamid Fahmi petani dari kelompok tani Budi Luhur desa Burum Kecamatan Bintang Ara mengaku bahwa pada sebelumnya ia kerap mengalami gagal panen karena adanya faktor  seperti cuaca dan salahnya metode pemupukan.

“Jadi tadi dijelaskan cara pemupukannya agar merangsang tumbuhan bisa berbuah sepanjang tahun,” kata Hamid.

Narasumber pada bimtek tersebut diisi oleh Achmad Rafieq dari Balai Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan. (MC Tabalong/Gilang/toeb)