Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggagas program kecakapan kursus dalam jaringan (daring) atau online.

"Mulai tahun ini, kami menggagas program kecakapan daring. Untuk tahun ini, ada tata kecantikan rambut, tata boga perhotelan dan mekanik sepeda motor," ujar Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Kemdikbud Dr Yusuf Muhyiddin di Jakarta, Kamis (22/3).

Kepada Kantor Berita Antara, dia menjelaskan untuk tahap awal program kekursusan daring yakni tata kecantikan rambut melalui laman www.seamolec.org. Pihaknya akan merilis program pembelajaran daring tersebut dalam waktu dekat. "Kami akan merilis pada 23 Maret ini," kata dia.

Program pembelajaran daring tersebut mengacu pada kurikulum nasional mulai dari modul maupun video tutorialnya. Dengan program pembelajaran daring tersebut, dia berharap masyarakat semakin mudah mempelajari bidang keahlian melalui lembaga pembelajaran daring tersebut.

"Untuk sertifikat kompetensinya, dikeluarkan oleh lembaga kursus yang terakreditasi," ujar dia.

Program kecakapan, kata Yusuf, mengacu pada Nawacita kelima dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, Nawacita keenam yakni meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.

"Kami memberikan kontribusi dalam menyiapkan sumber daya manusia dan daya saing, serta memperluas akses dan pelatihan terutama bagi anak-anak putus sekolah dan berusia dibawah 35 tahun," ujar dia.

Yusuf mengatakan saat ini ada 35 lembaga uji kompetensi sertifikasi yang aktif.