Puruk Cahu Menuju Smart City

:


Oleh MC KAB MURUNG RAYA, Kamis, 22 Maret 2018 | 11:39 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 683


Murung Raya InfoPublik - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya terus memperjuangkan agar Puruk Cahu sebagai ibu kota kabupaten bisa menjadi Kota Cerdas atau Smart City.

Program Smart City merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo RI yang dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia dengan kriteria tertentu.

Kamis, (22/03), Kepala Diskominfo Mura Bimo Santoso mengatakan, pihaknya terus berupaya agar Kota Puruk Cahu mendapat kesempatan untuk pelaksanaan program Smart City tersebut.

Beberapa waktu lalu pihaknya telah mengikuti assesment yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dalam rangka program gerakan menuju 100 Smart City di Indonesia awal Maret lalu di Jakarta.

Melalui Assesment tersebut, Kementerian Kominfo akan melakukan penilaian untuk memilih kota yang akan mengikuti program itu.

Program Smart City merupakan program yang ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam ekosistem Smart City.

Program Smart City akan dilaksanakan secara bertahap dan diharapkan pada tahun 2019 sudah ada 100 kota dan Kabupaten yag telah dijadikan teladan oleh Pemerintah Pusat.

Bimo berharap Kota Puruk Cahu menjadi salah satunya, karena pada tahun ini ada sebanyak 75 kota yang akan ditunjuk sebagai daerah teladan pelaksanaan program Smart City.

Nantinya, kata Bimo ketika, Mura ditunjuk menjadi salah satu Kota teladan pprogramm Smart City, pihak Kementerian Kominfo akan memberikan bantuan anggaran termasuk untuk ppembuatan master plan dan dibantu juga anggaran dari Pemerintah Kabupaten.

Tentu nanti kata Bimo, apabila Mura ditunjuk sebagai daerah teladan, dirinya berharap Pemerintah bersama pihak legislatif bisa mendukung dan memberikan dorongan anggaran agar program tersebut bisa dilaksanakan dan segera memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dirinya optimis, dengan penerapan Smart City di Kota Puruk Cahu tentu akan menambah kmajuan dan perkembangan teknologi untuk menunjang kgiatan masyarakat termasuk menunjang kgiatan perekonomian.

Dan banyak lagi kata Bimo manfaat yang nanti akan dirasakan masyarakat dari terlaksananya program Smart City di Kota Puruk Cahu.(MC Kab.Murung Raya N.O/Selvin/Rafik,dkk/Eyv)