Bupati Manggarai Timur Terima Kunci Dua Unit Bangunan RSUD Borong

:


Oleh MC KAB MANGGARAI TIMUR, Kamis, 22 Maret 2018 | 09:05 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Manggarai Timur, InfoPublik - Bupati Manggarai Timur, Yoseph Tote secara simbolik menerima  kunci dua unit gedung,  berupa gedung IGD dan rawat inap RSUD Borong. Acara serah terima kunci ini, juga dihadiri oleh Forkompinda tingkat Kabupaten Manggarai Timur ( 16/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr Surip Tintin dalam laporannya menyampaikan, sebagai daerah otonom baru,  Kabupaten Manggarai Timur memiliki tantangan yang terkait pelayanan kesehatan. Pertumbuhan penduduk dan ekonomi, telah memberi dampak terhadap meningkatnya kebutuhan masyarakat atas pelayanan rumah sakit yang bermutu.

Tintin juga menjelaskan tahapan pembangunan Rumah Sakit telah dilakukan sejak tahun 2009 melalui studi kelayakan hingga penyusunan master plan, Detail Enginerring Design (DED) dan penyusunan AMDAL hingga tahun 2015.

Selanjutnya Bupati Manggarai Timur, Yoseph Tote dalam sambutannya,  menyampaikan langkah pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, dalam mengupayakan pembangunan RSUD Borong. Dalam kesempatan ini, Yoseph Tote menyampaikan beberapa hal penting, yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur.

Pertama, keberadaan fasilitas RSUD Borong ini harus dijaga dengan baik bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Kedua, Perlunya membangun sistem pelayanan yang terintegrasi.

“Dinas Kesehatan harus berpikir komperhensif, bahwa kalian mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat melalui pelayanan kesehatan, mulai dari posyandu, pustu, puskesmas hingga Rumah Sakit,”jelasnya.

Ketiga, Pembangunan lanjutan RSUD Borong,  harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tahapan  yang berlaku. Dan yang keempat, mendorong kualitas SDM tenaga kesehatan yang professional, sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat.

Proses pembangunan fisik RSUD Borong di Lehong,  mulai dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2016. Diharapkan proses pembangunan, pengadaan sarana, prasarana dan alat kesehatan bisa berjalan sesuai rencana. Diakhir tahun 2018  RSUD Borong diharapkan, telah memiliki delapan unit Gedung, empat item prasarana penunjang dan alat kesehatan, sehingga bisa memperoleh status Rumah Sakit tipe C. ( MC/Manggarai Timur / Patrys Anggo/Eyv)