Potensi Pariwisata Kabupaten Pelalawan Perlu Dioptimalkan Pengelolaannya

:


Oleh MC KAB PELALAWAN, Rabu, 21 Maret 2018 | 18:49 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 574


Pelalawan,InfoPublik – Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik Lembaga Administrasi Negara RI Erfi Muthmainah, Rabu, (21/3) di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, menyatakan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Periode 2016-2021 mendukung persaingan global bangsa Indonesia yang inovatif serta berdaya saing.

Hal itu terkait dengan daya saing Indonesia ditentukan daya saing daerah yang bersifat perencanaan yang inovatif untuk memenangkan persaingan kearahi keunggulan komparatif.

Ia menekankan Indonesia masuk dalam peringkat ke 87 dari 127 negara  dalam Global Inovation Index Tahun 2017 (Innovation Feeding The World) dibandingkan dengan negara tetangga Indonesia cukup jauh tertinggal dari Negara Asean seperti Singapora diperingkat 7,Malaysia diperingkat 37,Vietnam diperingkat 47, Thailand diperingkat 51,Brunei Darussalam diperingkat 71 dan Filipina diperingkat 73.

Selanjutnya, dirinya menambahkan inovasi diperlukan, karena pada saat  daerah itu berada di titik tertinggi dan stagnan dalam kondisi aman, tentunya ini akan membuat daerah terlena, sehingga di saat daerah tidak siap menghadapi persaingan dan perubahan zaman, pergerakan ini akan membuat jatuh terpuruk dan bangkrut. Hal demikian tentu bukanlah keinginan kita untuk terjadi.

Kabupaten Pelalawan sudah berbenah dan mendukung program nasional menuju Indonesia emas 2045, bahkan visi yang ditawarkan membawa dari program yang ditawarkan inovatif dan daya saing secara global, akan tetapi pihaknya melihat bahwa perlu optimalisasi pengelolaan dan penggalian potensi pariwisata yang dilakukan serius oleh Pemerintah Daerah karena ini merupakan pintu masuk peluang besar investasi dan pemasukan negara.

“Potensi pariwisata perlu digali dan dioptimalkan pengelolaannya, ini peluang besar dalam mencari peluang investasi dan pemasukan bagi daerah dan negara melalui sektor pariwisata, perlu dilakukan inovasi dan kajian melihat peluang yang ada,.” ungkapnya..(MC Pelalawan/ryan/eyv)