LKS Maksimalkan Pelayanan Terhadap PMKS

:


Oleh MC PROV GORONTALO, Selasa, 20 Maret 2018 | 21:13 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 674


Gorontalo, InfoPublik – Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie meminta Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) untuk memaksimalkan pelayanan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Permintaan ini diungkap Idah saat pada Bimbingan Teknik (bimtek) LKS sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelayanan PMKS, Senin (19/3) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Dikatakan Ida, sinergitas yang telah lama terbangun antara pemerintah dan LKS yang ada di Provinsi Gorontalo harus lebih ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap para PMKS di Gorontalo. PMKS diantaranya adalah anak terlantar, anak balita terlantar, anak jalanan, anak cacat, anak akibat tindak kekerasan dan lain sebagainya.

“Penyelenggaraan kesejahteraan sosial bertujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kelangsungan hidup; memulihkan fungsi sosial dalam rangka mencapai kemandirian serta meningkatkan ketahanan sosial masyarakat dalam mencegah dan menangani masalah kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Penanganan PMKS dikatakannya harus benar-benar menjadi salah satu program prioritas pemerintah yang bekerjasama dengan dunia usaha dan masyarakat. Sebab, jika tidak ditangani secara serius, katanya, persoalan kemiskinan akan tetap ada. Para PMKS harus diberdayakan dan dilatih untuk bisa hidup mandiri secara ekonomi.

“Penyelenggaraan kesejahteraan sosial diprioritaskan kepada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan dan memiliki kriteria masalah sosial yakni kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindakan kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi,” pungkas Ida yang juga Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo.

Bimtek sendiri melibatkan 40 LKS yang ada di provinsi Gorontalo dan akan berlangsung selama dua hari. (mc prov Gorontalo/humas/Burhan/Anie/TR)