Permasalahan Danau Maninjau Mesti Dituntaskan

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Selasa, 20 Maret 2018 | 11:12 WIB - Redaktur: Tobari - 288


Padang, InfoPublik - Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit mengamukakan, permasalahan Danau Maninjau mesti dituntaskan agar lingkungan sekitar danau kembali sehat dan normal, sehingga biota Danau Maninjau dapat kembali hidup berkembang dengan baik. 

"Saat ini rencana pembangunan masih terkendala karena belum adanya lokasi yang ditetapkan untuk menyedot endimen yang ada dalam danau" katanya seusai memimpin rapat pembahasan permasalahan Danau Maninjau, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sumatera Barat, Padang, Senin (19/3)

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Agam, Kadis Perikanan, Kadis Lingkungan Hidup, Balai Sungai, Kadis PSDA dan Dinas ESDM Pemprov Sumbar.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, untuk tahap ini kita putuskan agar tim melakukan tinjauan lapangan dimana yang paling memungkinkan lokasi penempatan penumpukan endimen tersebut, jika dilakukan penyedotan, sehingga tidak terganggu pula kehidupan masyarakat.

Kedua, segera melakukan proses AMDAL terhadap pelaksanaan pembangunan yang akan dikerjakan dalam mengatasi kondisi Danau Maninjau saat ini. 

Ketiga, setelah semua kajian dasar ini selesaikan, baru kita usulkan kepemerintah pusat dan hal-hal yang dapat bantu dalam menuntaskan persoalan danau Maninjau agar kembali baik dan semakin lebih baik dalam penataan ekonomi masyarakat maupun dalam pengembangan pariwisata.

Sementara Wakil Bupati Agam Trifanda Farhan Satria dalam kesempatan itu menyampaikan tujuan penyelamatan Danau Maninjau, pertama untuk mengurangi pencemaran danau, kedua mengembalikan fungsi danau sebagai habitat biota endemik danau.

Ketiga meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan yang ke empat, menata kembali aktifitas ekonomi masyarakat disekitar danau Maninjau. (Eko Kurniawan/Diskominfo/toeb)