Peduli DAS Ke Danau Toba

:


Oleh MC KAB TOBA SAMOSIR, Senin, 19 Maret 2018 | 19:17 WIB - Redaktur: Tobari - 537


Balige, InfoPublik - Perum Jasa Tirta I (PJT) dengan PT. Inalum melakukan kegiatan rutin pengukuran debit air, pemantauan tinggi permukaan Danau Toba, dan pengukuran elevasi air di Desa Bius Gu Barat , Kecamatan  Parmaksian Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) , Senin (19/3).

Perum Jasa Tirta I adalah Perum yang bergerak di bidang Sumber Daya Air tergabung di Perserikatan Sumber Daya Air Internasional (NARBO), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas air, dan kebersihan daerah aliran sungai sebab air yang berada di  Kabupaten Tobasa  bermuara ke Danau Toba.  

Hendra Sitinjak, Kepala Sub Devisi PJT,  mengatakan jika Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berada di Tobasa sudah dicek kebersihan dari limbah sampah seperti, limbah rumah tangga dan juga industri, maka dapat dikatakan kualitas air Danau Toba memenuhi standar kualitas air bersih.   

“Jika kegaitan PJT tidak hanya di Kabupaten Toba Samosir tetapi yang berkaitan dengan Danau Toba yang dikelilingi 7 Kabupaten,” katanya..

Program ke depannya, PJT akan melakukan pengembangan sistem informasi tentang debit air sungai yang masuk ke Danau Toba, sehingga dapat mengetahui pasang surutnya air Danau Toba,serta peninjauan atau perkuatan  sistem sungai.

“Pemantauan curah hujan (penguatan data) sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat kemungkinan daerah mana curah hujan yang tinggi agar masyarakat dapat berhati - hati terhadap luapan air sungai dan danau, seperti yang telah kita lakukan di Pulau Jawa,”kata Hendra Sitinjak. ( MC Tobasa acon/rik/toeb)