Padang Dan Wellington Bangun Kerjasama Kebencanaan

:


Oleh MC KOTA PADANG, Senin, 19 Maret 2018 | 17:30 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 403


Padang, Infopublik – Kota Padang, dalam rangka penguatan kapasitas untuk menghadapi bencana, menjalin kerjasama dengan Kota Wellington New Zealand. Kerjasama kedua kota tersebut ditandatangani langsung Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) kota Padang, Edi Hasymi dan Manager Building Resilience Wellington City Council New Zealand, Stephen Cody, di Wellington, Senin (19 Maret 2018). Disaksikan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bernardus Wisnu Widjaja.

Kepala BPBD Padang, Edi Hasymi menjelaskan, kerjasama yang dibangun dengan Wellington berkaitan dengan identifikasi bahaya dan ancaman bencana, informasi kebencanaan, serta partisipasi masyarakat dalam mengurangi  resiko akibat bencana.

“Dipilihnya Kota Wellington untuk kerjasama ini karena memiliki topografi dan ancaman bencana yang sama dengan Padang, seperti gempa, tsunami dan longsor,” ungkap Edi.

Namun, kajian tentang potensi bencana dan upaya-upaya mitigasi bencana yang dilakukan Kota Wellington lebih baik dibandingkan dengan yang  dilakukan di Padang, sebut Edi Haysmi yang juga mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup itu.

Dengan demikian, Padang harus belajar lebih banyak lagi dengan Kota Wellington, dengan cara mengadopsi pengalamannya dan menerapkannya di kota tersebut. Termasuk juga tentang kekuatan kondisi tanah yang rawan gempa.

Salah satu yang dicontoh dari Wellington dan telah diterapkan di Padang adalah memberi tanda berwarna biru (daerah atau zona aman tsunami) sebanyak 20 titik, sebagai tanda batas perkiraan jauhnya jangkauan tsunami jika terjadi. Sehingga masyarakat yang tinggl lewat dari batas tersebut tidak perlu lagi dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi lagi.

Sebelum penandatangan perjanjian kerjasama, Kepala BPBD Padang mempresentasikan makalahnya tentang Disaster Smart City Program for Natural Hazard Risk in Padang City di depan Pemerintahan Kota Wellington New Zealand. (mcpadang/Ulil/Irwandi Rais/Noor).