Desa Pranggong Indramayu Panen Raya

:


Oleh MC KAB INDRAMAYU, Senin, 19 Maret 2018 | 17:58 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 1K


Pranggong, InfoPublik – Musim Panen padi rendeng (Penghujan) 2018 di Kabupaten Indramayu sedang mamasuki masa-masa puncaknya setelah wilayah selatan yang melakukan panen raya, kini giliran wilayah pantai utara (Pantura) tepatnya di desa Pranggong, kecamatan Arahan, kabupaten Indramayu yang lakukan panen raya padi musim rendeng (penghujan) 2018.

Terlihat Camat Anjatan Iing Kuswara, SSTP.MSi bersama Babinsa Indramayu dan Bhabinkamtibmas, juga anggota Polsek serta para petani secara simbolis lakukan panen raya padi musim rendeng (Penghujan) 2018 di desa tersebut, Senin (19/03).

Camat mengatakan di wilayah utara seperti desa Pranggong, dalam pelaksanaan panen raya musim rendeng (penghujan) selalu yang pertama dari sejumlah desa lainya di wilayah Kabupaten Indramayu wilayah utara. Iing menilai dengan cepatnya panen raya di wilayah utara seperti di desa Pranggong, karena melalui penerapan panca usaha tani yakni petani di desanya bijak dalam memilih benih yang berkualitas, system pengolahan baik dan pemupukan tanaman yang tepat waktu dan tepat dosis. Sehingga petani di desanya lebih cepat proses panennya, dan petani di desanya bisa menjalankan proses panen padi mencapai 3 kali panen dalam setahun.

“Pelaksanaan panen padi di desa Pranggong selalu yang pertama dibanding desa-desa lainnya. Petani di sini paling awal melaksanakan percepatan musim tanam, sehingga panennya duluan,” katanya.

Setelah melakukan panen raya padi musim rendeng (penghujan) 2018 lanjut dia, petani didesanya akan langsung menggarap sawahnya dalam melakukan proses tanam (tandur) musim kemarau (sadon) 2018. Diharapkan sejumlah petani bisa mempertahankan sistem dan pola dalam merawat lahan persawahanya, demi kembali meningkatkan hasil panen padi musim kemarau (sadon) 2018. (MC Indramayu/M.Toyib/Noor)