Kelompok Ekowisata Kinarum Terima Bantuan Perahu

:


Oleh MC KAB TABALONG, Senin, 19 Maret 2018 | 13:19 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 678


Tanjung, InfoPublik - Kelompok ekowisata di Desa Kinarum kecamatan Upau, kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapat bantuan perahu karet dari Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IX Banjarbaru. Ketua Kelompok Ekowisata Kinarum Suparin di Tanjung, Minggu (18/03/2018) mengatakan, bantuan diserahkan UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan kabupaten Tabalong sebagai bentuk kerja sama pengelolaan tempat wisata ini.

"Selain satu perahu karet kita juga mendapatkan enam perahu kayak dari KPH untuk digunakan para pengunjung Kinarum," jelas Suparin.

Kepala UPT KPH Kabupaten Tabalong Haryadi menyampaikan, bantuan tersebut untuk operasional dalam pengelolaan ekowisata di Desa Kinarum.

"Sebagai kawasan hutan produksi maka pengelolaan wisata Kinarum jadi kewenangan KPH bersama kelompok ekowisata lokal," jelas Haryadi.

Haryadi mengatakan selain wisata Kinarum ekowisata lain juga akan dikembangkan di antaranya Goa Liang Tpah, Gunung Karamu dan Goa Liang Pundun. Sedangankan wisata air terjun Lano di Kecamatan Jaro, pengelolaannya oleh Lembaga Hutan Desa Lano bersama PT Elbana Abadi Jaya.

"Wisata air terjun Lano masuk dalam konsensi PT. Elbana tapi pembinaannya tetap di bawah KPH Tabalong," jelas Haryadi.

Soal adanya legalitas pengelolaan kawasan ekowisata oleh KPH ungkap Haryadi instasi terkait bidang kepariwisataan di kabupaten juga bisa mendukung pengembangannya. Termasuk penggunaan desa untuk pengembangan ekowisata juga bisa dilakukan, jika ada legalitas berupa kemitraan dengan UPT KPH Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Noor)