Dinkominfo Blora Sosialisasi Kiat Hadapi Berita Hoax

:


Oleh MC KAB BLORA, Jumat, 16 Maret 2018 | 13:31 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 289


Blora, InfoPublik - Kepala dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kab. Blora Drs. Sugiyono, M.Si menyampaikan informasi dan berita berkatagori hoax dibuat oleh oknum dalam kondisi sadar yang bertujuan untuk menyampaikan sesuatu pesan seperti menyebarkan kebohongan untuk menipu dan menyesatkan orang lain. Dengan demikian hal itu perlu disantisipasi dan disikapi dengan bijak.

Demikian hal itu antara lain yang disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Blora saat menyampaikan materi perkembangan teknologi dan komunikasi pada acara pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial (Binsiapapwil dan Puanter) yang di helat pada program tri wulan I Pasiter Kodim 0721/Blora di aula Makodim setempat, Jumat (16/3).

“Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Pengguna internet semakin meningkat. Namun perlu diingat bahwa alat teknologi yang kita pergunakan membutuhkan perawatan dan biaya seperti pulsa, kuota dan lainnya untuk menunjang kelancaran komunikasi. Bapak dan Ibu kami imbau dengan bijak dalam mensikapi. Terlebih kepada anak-anak. Dengan kerap muncul berita yang berkatagori hoax perlu hati-hati dan kita sikapi dengan bijak,” ujar Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Sugiyono.

Berita hoax, menurut dia, kadang-kadang berita benar yang sudah lama diterbitkan bisa beredar lagi di sosial media. Ini membuat kesan bahwa berita itu baru terjadi dan bisa menyesatkan orang yang tidak mengecek kembali tanggalnya.

“Apa saja konsekuensi membuat dan menyebarkan berita menyesatkan? Diantaranya, Membuat masyarakat menjadi curiga dan bahkan membenci kelompok tertentu. Menyusahkan atau bahkan menyakiti secara fisik orang yang tidak bersalah. Pemberian informasi yang salah kepada pembuat kebijaksanaan,” jelasnya.

Masih menurut Kadinkominfo Blora, untuk menghadapi hoax diperlukan kiat-kiat. Yaitu rutin membaca berita dari media yang well-established dan dihormati.

Dikatakan lebih lanjut, orang yang paling rentan hoax adalah orang yang jarang mengonsumsi berita. Kalau suatu berita kedengarannya tidak mungkin, bacalah dengan lebih teliti karena seringkali itu, atau karena memang itu tidak mungkin.

“Jangan share artikel/foto/pesan berantai tanpa membaca sepenuhnya dan yakin akan kebenarannya,” ujarnya.

Acara diikuti Staf Kowil, Danramil dan Babinsa Kodim 0721 Blora. Selain Kepala Dinkominfo Blora, nara sumber lain pada acara tersebut yaitu Dandim 0721 Blora Letkol Inf Ryzadly Syahrazzy Themba S.Sos menyampaikan materi sikap teritorial. Kasiter Korem Mayor Arif Ismawan. Kasdim Blora Mayor Kav Hyasintus Waleng, P. ST menyampaikan materi 5 kemampuan teritorial. Nara sumber lainnya dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora.

“Program pasiter ini dilaksanakan setiap tri wulan,” ujar Wakil Koordinator Pasiter Serma Suramto.(MC Kab. Blora/Teguh/Eyv).