Dinas Pertanian Kota Solok Gelar Pelatihan Budidaya Palawija

:


Oleh MC KOTA SOLOK, Jumat, 16 Maret 2018 | 09:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 520


Solok, Info Publik - Dinas Pertanian Kota Solok gelar Pelatihan Budidaya Palawija pada komoditas kedelai, kacang tanah dan kacang hijau sesuai kondisi iklim Kota Solok di Aula Dinas Pertanian Kota Solok, Kamis (15/03).

Narasumber kegiatan berasal dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat Kementerian Pertanian, Ir. Atman Roja, M.Kom. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan Ir. Zeldi Efiza mewakili Kepala Dinas Pertanian dihadiri oleh kelompok tani yang ada di Kota Solok.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian yang diwakili Kepala Bidang Penyuluhan Ir. Zeldi Efiza menyampaikan “agar peserta mengikuti pelatihan dengan baik sampai selesai dan mengaplikasikan di lapangan”, jelasnya.

Ir. Atman Roja, M.Kom mengatakan, “Pembangunan pertanian telah terbukti mempunyai peran strategis dalam perekonomian nasional, sebagai penyedia bahan pangan dan bahan baku industri, penyerap tenaga kerja, sumber devisa negara dan sumber pendapatan masyarakat, serta pelestari lingkungan melalui praktek usaha tani ramah lingkungan”, katanya.

Pembangunan pertanian di antaranya melibatkan subsektor tanaman pangan, hortikultura termasuk palawija. Palawija dan sayuran merupakan tanaman pendukung kebutuhan manusia secara harfiah berarti hasil kedua atau tanaman pendamping hasil utama (padi).

Lebih lanjut, Ir. Atman Roja, M.Kom menjelaskan, “beberapa tanaman yang termasuk palawija adalah jagung, sorghum, kacang tanah, kacang kedelai, singkong, kentang, mentimun, kacang panjang dan ubi. Selain beberapa tanaman tersebut, tanaman yang menempel seperti labu, blewah, melon, semangka dan sejenisnya juga dapat disebut tanaman palawija, meskipun sekarang beberapa tanaman tersebut digolongkan pada tanaman hortikultura”, jelasnya.(MC Kota Solok).