Nagari Inderapura Utara Panen Perdana Ikan Nila di Lubuk Larangan

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Kamis, 15 Maret 2018 | 14:58 WIB - Redaktur: Juli - 479


Pesisir Selatan, InfoPublik - Pemerintah Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat panen perdana Ikan Nila di kawasan Lubuk Larangan daerah Irigasi Batang Transad, Kamis (15/3).

Wali Nagari Inderapura Utara Ahmad Zuhri mengatakan, ada dua kegiatan yang dapat menambah pemasukan untuk daerah setempat, yakni Bumnag dan jenis usaha yang tengah dikelola pemerintah nagari saat ini yaitu budi daya Ikan nila Lubuk Larangan. 

Ia menjelaskan, usaha nagari budi daya Ikan nila sangat bagus untuk prospek ke depan. Sebab, selama 2 bulan 10 hari saja keuntungan bersih dari hasil panen yang didapat bisa mencapai Rp10 juta.

Jumlah tersebut kata dia, dapat dihitung dengan jumlah bibit 10.000 ekor Ikan Nila yang nantinya mampu mendapatkan hasil panen sekitar 50 persen, dengan berat rata-rata 3 sampai 5 kilogram per ekor.

"Namun, pada tahap awal ini kita butuh pengawasan yang ketat. Sebab, banyak kendala atau serangan hewan liar. Sehingga ke depan bisa kita jadikan bahan evaluasi dimana titik kelemahannya," sebut Wali Nagari.

Menurutnya, pihak nagari sangat optimis usaha budi daya Ikan Nila Lubuk Larangan itu tetap berkelanjutan. Sebab, ia yakin bahwa program pemerintah itu akan membawa perubahan yang baik terhadap ekonomi masyarakat setempat. 

"Jika pemerintah daerah tidak menganggarkan lagi program ini kedepannya, maka kami dari pihak nagari siap untuk mengatasi dan melanjutkan program ini," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Air Pura Junaidi memberikan apresiasi kepada Wali Nagari Inderapura Utara beserta perangkatnya, sebab dinilai berhasil melaksanakan program budi daya Ikan Nila Lubuk Larangan di nagari tersebut.

"Kita berharap kegiatan ini menjadi contoh kepada 9 nagari lain yang ada di Kecamatan Air Pura. Kita berharap ke depan dana desa ini jangan fokus kepada kegiatan fisik semua. Usahakan juga memperbanyak kegiatan pemberdayaan untuk pengembangan usaha," ujarnya.

Junaidi juga berharap kepada pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Pessel, ke depan seluruh nagari yang ada di Kecamatan Air Pura selalu mendapatkan bantuan bibit ikan beserta pakannya.

"Ke depan kita harapkan program ini tetap berkesinambungan dari Pemkab Pessel, sehingga membawa perubahan yang baik terhadap ekonomi masyarakat setempat," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Kabid Budi Daya Perikanan Pemkab Pessel Firdaus mengatakan, pihaknya berharap agar setiap kecamatan dan nagari selalu memanfaatkan saluran irigasi, seperti sungai, muara dan air tenang untuk dijadikan tempat budi daya Ikan.

"Jadi, untuk pengembangan budi daya Ikan Lubuk Larangan ini, kita telah sarankan kepada masing masing walinagari untuk mencarikan saluran irigasi yang agak besar, seperti sungai atau muara. Nanti kita buat program melalui Bumnag untuk bisa mendapatkan bantuan bibit dan pakan ikan kedepannya," ujarnya. (Desi Marlinda/jul)