Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 Ditargetkan Sukses Seperti Tahun Lalu

:


Oleh Dian Thenniarti, Kamis, 15 Maret 2018 | 04:58 WIB - Redaktur: Juli - 466


Jakarta, InfoPublik – Kementerian Perhubungan targetkan pelaksanaan Angkutan Darat Lebaran pada Juni 2018 bisa sukses seperti penyelenggaraan tahun lalu.

"Angkutan Lebaran adalah suatu hal yang menjadi pekerjaan puncak bagi kita. Angkutan darat Lebaran adalah hal yang paling menarik. Kita akan mengulangi keberhasilan tahun lalu," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (14/3).

Lebih lanjut perihal Angkutan Darat Lebaran, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan agar masyarakat tidak mudik dan balik pada saat yang bersamaan. 

"Kita coba buat skema pergerakan masyarakat supaya mudik dan balik tidak bersamaan. Jadi kalau mudiknya lebih dulu diharapkan baliknya juga lebih cepat," kata Dirjen Budi.

Oleh karena itu, Dirjen Budi tengah mempersiapkan strategi yang tepat untuk menghadapi arus mudik dan arus balik sehingga masyarakat tidak menumpuk di jalan. 

Salah satu upaya menghadapi arus lalu lintas angkutan darat Lebaran yaitu melalui jalan tol. "Untuk jalan tol dari Jakarta sampai Surabaya sudah dapat dilalui walaupun ada beberapa ruas yang masih fungsional. Jalan Tegal-Pemalang masih fungsional, demikian juga dengan Madiun sampai ke Nganjuk. Namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bilang sudah bisa dilalui," kata Dirjen Budi.

Namun begitu, secara umum, Dirjen Budi menceritakan persiapan Kemenhub mengenai Angkutan Lebaran bahwa pihaknya telah melakukan rapat dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepolisian terkait beberapa jalan khusus yang perlu perhatian. 

"Secara spesifik nanti saya akan rapat kembali di Tegal untuk mengumpulkan pihak terkait dari Pemalang sampai ke arah Pekalongan," papar Dirjen Budi.