Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pertanian (Kementan) telah memusnahkan peredaran semua buah jenis rock melon asal Negeri Kanguru, Australia di Indonesia, yang diduga tercemar bakteri ganas Listeriosis.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR RI, di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3).

Langkah Kementan itu, tentu saja untuk melindungi masyarakat Indonesia dari kontaminasi bakteri yang telah membunuh belasan manusia.

“Semua yang berbahaya. Kami tegas langsung mengeluarkan regulasi mencabut peredaran,” kata Mentan Amran.

Diketahui, baru-baru ini otoritas kesehatan Australia mengumumkan wabah penyakit listeria atau listeriosis yang menewaskan 12 orang. Wabah itu diduga berasal dari buah rock melon.

Bakteri Listeriosis memicu peradangan pada selaput dan jaringan otak serta septikemia atau keracunan darah akibat bakteri masuk darah. Mereka yang rentan terserang penyakit ini adalah ibu hamil, bayi baru lahir, orang berusia lebih dari 65 tahun, dan orang dengan kekebalan tubuh yang rendah.

Seseorang yang terserang bakteri ini memicu deman akut ringan. Sebab, bakteri listeria memengaruhi organ tubuh lain seperti sendi, tulang, dada dan perut.