Kayong Utara, InfoPublik - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kayong Utara siap kembali menghidupkan komonditi di sektor Perkebunan.

Demikian pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kayong Utara Wahono saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/3).

"Hal itu sudah ada dalam program kita, tidak hanya kopi, akan tetapi kelapa dalam juga yang saat ini harganya sudah mulai membaik, cengkeh, kita dulu juga penghasil cengkeh," terang Wahono.

Diharapkannya, bangkitnya geliat disektor perkebunan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan peningkatan disektor perkebunan ini tidak hanya di fokuskan di satu komoditi saja.

"Kita harapkan kedepan, Kayong Utara ini tidak hanya didomisili oleh satu kebun saja, sekarang inikan karet, sawit, dan kelapa dalam yang dominan,"harapnya.

Diakuinya, masyarakat Kayong Utara fokuskan pada perkebunan. Dengan beberapa hasil perkebunan yang tidak stabil di pasaran, masyarakat diharapkan tidak hanya terpaku satu jenis perkebunan.

"Masyarakat inikan pada umunnya nanam karet, ketika harga karet turun kita kelabakan, kalau banyak jenisnya kan enak, kita bisa beralih kalau harga karet lagi jatuh. karena tidak pungkiri, Kayong Utara ini sebagian besar masyarakatnya adalah pengkebun, luas lahan yang dipakai untuk perkebunan,"lanjutnya. (MC. Kayong Utara/Norita/zal/Ridwan/Eyv)