Bonebol, InfoPublik – PT Taspen melalui anak perusahaan PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) meluncurkan program Taspen Save. Program ini, manfaatnya untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini disampaikan Kepala Cabang PT Taspen Gorontalo, Karem, di sela-sela menyerahkan Kartu Kepesertaan Taspen yang baru kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Ishak Ntoma, di Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (12/3).

Kepada Sekda Ishak Ntoma, Kepala Cabang PT Taspen Gorontalo Karem mengatakan, sebagai BUMN yang mendapat tugas untuk menyelenggarakan program Tabungan Hari Tua (THT), pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Kini melalui anak perusahaanya PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) melakukan upaya peningkatan kesejahteraan para ASN dengan program andalannya, yakni Taspen Save.

Dia mengatakan, program Taspen Save ini sangat menguntungkan bagi ASN, karena premi perbulannya sangat terjangkau, yakni minimal Rp100.000 dan maksimal Rp2.000.000 setiap bulannya.

Karem menjelaskan program Taspen Save merupakan produk asuransi yang sifat kepesertaannya sukarela dari individu ASN dan dirancang khusus untuk ASN, karena mengingat permintaan tinggi dari ASN terhadap peningkatan manfaat  Program THT (Tabungan Hari Tua) yang dikelola oleh PT TASPEN sendiri.

“Taspen Save menjadi tabungan pendamping THT Taspen karena pencairannya diterima bersamaan ketika ASN memasuki masa pensiun tanpa pengajuan berkas lagi ke Taspen Life, cukup klaim Pensiun dan THT di Taspen, maka secara otomatis manfaat Taspen Save juga akan diterima,”jelas Karem.

Sebagai ilustrasi, ketika ASN menabung dengan premi Rp500.000 setiap bulan selama 28 tahun, maka akan memperoleh tabungan sebesar Rp378.000.000. Olehnya, Karem berharap program Taspen Save ini bisa diambil oleh seluruh ASN, karena tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan.

“Program ini sangat-sangat membantu ASN untuk menyiapkan purna tugasnya nanti, supaya punya kecukupan dana, untuk wirausaha, beli rumah, atau naik haji, dan sebagainya,”ujar Karem.

Dia menambahkan, program Taspen Save mirip dengan program THT Taspen, diklaim juga ketika berhenti atau purna tugas dari ASN.”Sebenarnya sebelum purna tugas juga bisa diklaim, tapi kita harapkan maksimal setelah purna tugas dari ASN,”tambah Karem.

Sementara itu, Sekda Bonebol Ishak Ntoma, sangat mengapresiasi dan menyambut positif program Taspen Save tersebut.”Pada prinsipnya pemerintah daerah sangat mendukung program ini,”kata Ishak Ntoma.

Ishak Ntoma pun berjanji dalam dalam waktu dekat ini akan melakukan pertemuan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

”Insya Allah kita akan lakukan pertemuan dengan melibatkan seluruh OPD, tentu akan menghadirkan PT. Taspen Cabang Gorontalo untuk menindaklanjuti program Taspen Save ini,”tutur Ishak Ntoma singkat. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)