Bawaslu Minta Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu

:


Oleh MC KAB SLEMAN, Selasa, 13 Maret 2018 | 16:12 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 307


Sleman, InfoPublik -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) D.I.Yogyakarta mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi pemilu supaya bisa berjalan dengan baik. Mengingat jumlah anggota bawaslu dan juga panwaslu terbatas sehingga tidak mungkin bisa mengawasi semua pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu tanpa ada partisipasi publik.

"Untuk itu, Bawaslu berharap kepada publik untuk bisa bekerja sama dalam pengawasan pelanggaran pemilu khususnya untuk mencegah politik uang," ujar Ketua Bawaslu DIY Bagus Sarwono , Selasa (13/3) pada sarasehan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Purwokinanti Pakualaman, Yogyakarta.

Bagus meminta kepada semua elemen masyarakat untuk melaporkan ke Bawaslu jika menemukan semua pelanggaran yang berkaitan dengan pemilu. "Bagi masyarakat yang melapor akan dilindungi," tegasnya.

Selain itu, Bagus juga menjelaskan tentang semua tugas dan wewenang Bawaslu di antaranya akan mengadakan perekruktan untuk menjadi relawan bawaslu yang nantinya akan membantu bawaslu. Pun, akan ada program peningkatan kapasitas untuk menambah wawasan bagi relawan.Acara dihadiri oleh 50 orang yang terdiri dari perguruan tinggi, UIN, UII, karang taruna, media massa, dan organisasi lainnya. (KIM Turi/Harman/Vira)