Cetak Pramuka Garuda, Kwarda Jatim Gelar Lokakarya Gudep

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 12 Maret 2018 | 15:25 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 634


Surabaya InfoPublik – Guna meningkatkan kualitas Gugus Depan (Gudep), Gerakan Pramuka  Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim berencana menyelenggarakan lokakarya Gudep. Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Maret mendatang juga bertujuan mencetak Pramuka Garuda.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarda Jatim, Bambang Suyanto saat dikonfirmasi, Senin (12/3) mengatakan, selama ini, keberadaan Gudep Pramuka yang berpangkalan di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi, posisinya sangat strategis untuk melahirkan kader pramuka militan, mandiri, trampil, cakap, dan cerdas sebagai agen perubahan.

Lokakarya akan diikuti peserta perwakilan dari Kwarcab kabupaten/kota se Jatim, dimana masing-masing daerah mengirimkan dua orang perwakilan. “Karena di Kwarcab inilah yang membawahi Gudep Pramuka yang tersebar di sekolah sampai perguruan tinggi, maka Kwarcab didorong untuk menggiatkan kembali kegiatan pramuka yang lebih intensif,” katanya.

Dikatakannya, predikat Pramuka Garuda menjadi impian setiap anggota pramuka dari tingkatan penggalang sampai penegak. Persiapan untuk menjadi Pramuka Garuda ini harus giat berlatih dan menguasai kecakapan umum dan khusus dari materi yang diberikan oleh pembina atau pelatih. "Persyaratan menjadi Pramuka Garuda ini setidaknya telah menguasai 10 kecakapan umum dan ada juga kecakapan khusus," ungkap Bambang.

Sikap dan perilaku anggota pramuka dengan spesifikasi garuda ini, harus sesuai dengan jiwa dan semangat Pramuka tercermin dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat. Untuk membuktikannya pembina dan pelatih akan melakukan verifikasi  langsung.

Sebagai wujud apresiasi, Kwarda Jatim akan memilih pramuka teladan dalam setiap HUT Pramuka tanggal 14 Agustus. Mereka yang terpilih telah melalui seleksi dari tingkat kwartir ranting,  kwarcab hingga kwarda bahkan bisa Kwartir Nasional.                              

Saat ini, Kwarcab Magetan menjadi kwartir yang serius menyiapkan Pramuka Garuda. Karena Ketua Kwarcab dan jajaran pramuka aktif mengadakan kegiatan, pembinaan dan pelatihan pramuka terutama di Gudep.

"Ada sekitar 4000 anggota pramuka seluruh Jatim, targetnya 5% atau 200an, kita bina dan dilatih untuk menyandang Pramuka Garuda," katanya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-pno/eyv)