Padang, InfoPublik - Kerja keras dan kerja cerdas Bupati Muzni Zakaria majukan pariwisata Solok Selatan berbuah manis. Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang kini menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo, dan Rp110 miliar dari APBN pun mengucur untuk merevitalisasinya.

"Alhamdulillah, terobati lelah perjuangan panjang dengan perhatian khusus Bapak Presiden Jokowi terhadap Kawasan Seribu Rumah Gadang," sebut Muzni Zakaria pada diskusi santai dengan Komut BRI Andrinof Chaniago di Padang, Minggu pagi, 10 Maret 2018.

"Dan, ini tak lepas dari arahan dan bantuan Bapak Andrinof Chaniago, putera Minangkabau yang kini jadi orang kepercayaan Bapak Presiden Jokowi," ujar Muzni Zakaria. 

Lebih lanjut dijelaskan, kini proyek yang mengangkat Solok Selatan ke dunia internasional itu dalam proses lelang di Kementerian PUPR.

"Alhamdulillah Bapak Presiden kucurkan APBN Rp110 miliar, dan dilaksanakan dengan sistem tahun jamak," terangnya. "Kawasan ini juga akan kita lengkapi dengan sebuah menara cantik dan Insya Allah akan jadi ikon Sumatera Barat," tambahnya.

Diakui Muzni bahwa mengubah mindset masyarakat menjadi tuan rumah pariwisata yang baik memang susah. "Terpaksa seperti memandikan kuda, kita harus turun tangan," ujarnya. "Kalau nampak ada sampah di lokasi wisata, saya turun dan saya pungut sampah itu sembari mengajak masyarakat di sana menjaga kebersihan," tambahnya. 

"Saya juga sering menyapu rumah gadang dan mengepelnya, dan kemudian berterimakasih kepada pemiliknya," ujarnya.

Muzni menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kebersihan kawasan wisata, termasuk menghadirkan toilet yang bersih. "Kita juga terus meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang datang ke Solok Selatan," tegasnya.

Selain Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang, tambah Muzni, Solok Selatan juga punya objek wisata Istano Rajo Balun, Masjid 60 Kurang Aso, Kebun Teh Liki, Hot Water Boom, Aia Malanca, Air Terjun Tangsi Ampek, Air Terjun Kembar, Valoe Argo, Rumah dan Tugu PDRI, Rumah Gadang 21 Ruang, dan Goa Puti Linduang Bulan.

"Kuliner tradisional Solok Selatan juga menggoda selera, dan pasti pengen mencoba lagi," pungkasnya. (Eko Kurniawan, S.Kom/Diskominfo/Kus)