Gelar Sadran Punden Untuk Lestarikan Wisata Religi dan Budaya

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Senin, 12 Maret 2018 | 12:30 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 801


Temanggung, InfoPublik – Sebagai wujud semangat masyarakat untuk melestarikan budaya, lebih dari 3000 orang mengikuti Sadranan di Dusun Kebondalem, Desa Kemiri, Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, Jumat (9/3). Sedikitnya terdapat 6 (enam) dusun yang mengikuti sadranan ini, meliputi Dusun Kemiri, Dusun Kebondalem, Dusun Sidran, Dusun Bogoran, Dusun Njangguan dan Dusun Ndakaran.

Kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya ini dilaksanakan pada hari Jumat Pon bulan Jumadil Akhir (Kalender Jawa), dengan tujuan untuk makan dan kumpul bersama, serta untuk mempersatukan warga dan mengingat para pendiri di Desa Kemiri, yaitu Mbah Kyai Salam dan Mbah Kyai Megolaman.

Kepala Desa Kemiri, Sugeng Rahadi, menjelaskan di sela-sela acara sadranan, bahwa pihaknya sangat bersyukur dan bangga, karena acara ini dapat berjalan dengan lancer tanpa halangan suatu apapun.

Dengan acara ini diharapkan ada partisipasi dari Pemerintah Daerah, setidaknya membimbing dan ikut melestarikan budaya ini, untuk menjadi lebih baik lagi agar dapat menjadi icon wisata di Desa Kemiri. 

“Semoga kedepan dengan adanya acara ini dapat mendatangkan wisatawan dari luar daerah yang ikut memperingati sadranan, agar tergugah untuk melestarikan wisata religi dan wisata budaya bersama”, tandasnya.(MC TMG/Agung/EJP/Noor)