Gorontalo, InfoPublik – Rempah-rempah Gorontalo menarik perhatian media nasional. Melalui program “Jelajah Negeri Rempah, Jelajah Cita Rasa Gorontalo”. Sejumlah media nasional bersama pakar logistik, event organizer, dan anggota tim Komunikasi Presiden Jokowi, mengunjungi beberapa wilayah di Provinsi Gorontalo untuk mengangkat keragaman rempah-rempah Gorontalo yang digunakan dalam berbagai masakan tradisional daerah ini.

Menurut Amanda Katili, Ketua Yayasan Omar Niode (ONF) saat berkunjung ke rumah dinas gubernur bersama rombongan media nasional, Minggu (10/3), program yang dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Negeri Rempah, akan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 9-11 Maret 2018 dengan mengunjungi jalur rempah Gorontalo khususnya di wilayah Dulamayo, Kabupaten Gorontalo.

"Kami berkunjung ke Dulamayo, dimana ada sebuah track atau jalan yang kita sebut dengan jalur rempah, karena disitu dapat ditemui tanaman-tanaman seperti kemiri, cengkeh, pala, kayu manis dan rempah lainnya” jelas Amanda.

Menurut Amanda yang juga staf ahli Kementerian Lingkungan Hidup, perjalanan yang dilakukan ini merupakan perjalanan budaya dan untuk mengangkat tema jalur rempah. Selain kunjungan ke jalur rempah di Dulamayo dan berbagai lokasi wisata Gorontalo, juga akan diadakan mini food festival Gorontalo, dimana hampir semua kuliner tradisional Gorontalo disajikan termasuk kudapan. Festival ini menghadirkan ahli rempah serta ahli sejarah Gorontalo, Basri Amin. Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa mengapresiasi kegiatan yang mengangkat kuliner, rempah dan wisata Gorontalo ini.

"Pariwisata menjadi salah satu program unggulan Provinsi Gorontalo dan kegiatan ini menjadi salah satu peluang untuk memperkenalkan pariwisata Gorontalo," jelas Winarni. Sekda berharap lebih banyak wisatawan yang akan datang ke Gorontalo, sehingga memiliki efek pada kesejahteraan masyarakat Gorontalo. (MC Gorontalo/Humas/Asriani/Noor).