Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Penerima Sertifikat Tanah Gratis

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Jumat, 16 Maret 2018 | 00:39 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 143


Surabaya, InfoPublik  - Usai menyerahkan 5.750 sertifikat tanah untuk warga Jawa Timur di Alun-Alun Lamongan, Kamis (8/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan khusus.

Pesan pertama bagi penerima sertifikat, yakni sertifikat yang diberikan merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimiliki warga.  

Pesan kedua, ia mengimbau pada warga penerima agar menjaga sertifikat tanah dengan baik. "Diberi plastik. Kalau disimpan di lemari waktu hujan bocor tidak rusak," ujarnya. 

Pesan ketiga yakni agar warga penerima menduplikasi sertifikat dengan memfotokopi. "Kalau hilang fotokopinya itu bisa dibuat urus lagi," tuturnya. 

Pesan keempat, Presiden Jokowi mempersilahkan warga untuk menjadikan sertifikat tanah itu untuk agunan atau jaminan di bank. Namun, ia meminta agar pinjaman uang di bank untuk dihitung dan disesuaikan dengan kemampuan mengangsur cicilan.

“Jangan buat beli mobil. Setelah enam bulan mobil ditarik dealer, sertifikat ditarik bank karena gak bisa bayar," imbaunya. 

Gunakan untuk modal kerja dan investasi. Kalau ada untung baru ditabung untuk beli motor dan mobil. "Saya yakin di Jatim tidak (digunakan untuk hal kurang produktif, red). Lahan di Jatim produktif jadi bisa untuk modal pengembangan usaha pertanian," tukasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-her/Vira)