Dinas PUPR Gerak Cepat Pantau Kawasan Rawan Banjir

:


Oleh MC Kota Pekanbaru, Rabu, 7 Maret 2018 | 10:50 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 214


Pekanbaru, InfoPublik - Pekanbaru terus melakukan berbagai upaya untuk mengurangi dampak banjir akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru belakangan ini. Upaya tersebut direspon langsung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, dengan menurunkan petugas kebersihan guna membersihkan saluran air atau drainase.

"Pagi tadi sudah turun anggota kita dua truk ke situ untuk melakukan pembersihan parit dan gorong-gorong. Sekarang mereka sedang bekerja, bahkan itu sudah sejak minggu kemarin," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, A Saat, Selasa (6/3).

Pihaknya mengakui masih banyak drainase di Pekanbaru yang tidak berfungsi secara optimal. Sehingga menyebabkan banjir. Karena debit air tidak tertampung oleh drainase yang ada. Kondisi ini diperparah dengan kondisi drainse yang dangkal.

"Banyak juga pemilik ruko yang memasang gorong-gorongnya terlalu kecil. Sehingga banyak sampah yang tersangkut disitu. Akibatnya air tidak bisa mengalir dengan lancar. Itulah yang menyebabkan banjir," ujarnya.

Agar tidak semakin parah, petugas lapangan dari dinas PUPR setiap hari diturunkan untuk membersihkan drainase dan gorong-gorong yang tersumbat.

"Kita terus bekerja, memang tidak bisa cepat. Tapi paling tidak kita sudah berbuatlah," katanya. (Kominfo6pku/RD1/Noor)