Penilaian Lomba 10 program Pokok PKK tingkat Kota Tidore Kepulauan

:


Oleh mctidore, Rabu, 7 Maret 2018 | 10:24 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Tidore, InfoPublik – Penilaian Lomba 10 program Pokok PKK tingkat Kota Tidore Kepulauan telah berakhir pada Jumat (2/3). Sebanyak delapan desa/kelurahan di delapan kecamatan peserta lomba telah mendapat kesempatan mengikuti penilaian yang dilakukan Tim dari PKK Kota Tidore Kepulauan.

Selama lima hari, sejak Senin (26/2) lalu, Tim Penilai yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Tidore Ny. Hj. Sulama A. Ibrahim bersama Wakil Ketua II, Ny. Hj. Salma Thamrin turun langsung di semua desa/kelurahan.

Kelurahan tersebut  adalah Kelurahan Topo Kecamatan Tidore, Kelurahan Mafututu Kecamatan Tidore Timur, Kelurahan Dokiri Kecamatan Tidore Selatan, Kelurahan Fobaharu Kecamatan Tidore Utara, Desa Tagalaya Kecamatan Oba Selatan, Desa Talasi Kecamatan Oba, Desa Fanaha Kecamatan Oba Tengah dan Desa Kaiyasa Kecamatan Oba Utara.

Penilaian lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Tidore
diawali di Kelurahan Topo dan Kelurahan Mafututu pada hari Senin, Kelurahan Dokiri dan  Kelurahan Fobaharu pada hari Selasa, Desa Tagalaya pada hari Rabu, Desa Talasi dan Desa Fanaha pada hari Kamis dan ditutup dengan Desa Kaiyasa pada hari Jumat.

Pada penilaian ini masing-masing Desa dan Kelurahan berupaya menonjolkan kelebihannya di berbagai bidang baik administrasi, Pencegahan KDRT, Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pelaksanaan PHBS, Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga), Posyandu dan sebagainya.

Tim penilai mengatakan bahwa penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan bagi para peserta, namun lebih kepada upaya untuk lebih meningkatkan kinerja PKK selaku mitra pemerintah Kota dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua TP-PKK, Ny. Sulama A. Ibrahim pada setiap kesempatan penilaian mengatakan kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat dan daerah dengan tujuan untuk membangun hubungan silaturahmi antar pengurus TP PKK pada semua jenjang.

Tujuan lainnya adalah untuk melihat secara dekat pelaksanaan 10 program pokok PKK di tingkat kecamatan serta kelurahan dan desa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program yang telah direncanakan dan dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Setelah dilakukan penilaian ini, dalam beberapa bulan ke depan Tim penilai akan kembali turun ke Desa/Kelurahan peserta lomba untuk melihat dan mengukur sejauh mana hasil evaluasi tim penilai dapat dilaksanakan oleh para peserta.

Selain itu dapat diketahui apakah materi lomba yang telah dinilai oleh TP-PKK Kota Tidore Kepulauan murni merupakan hasil partisipasi masyarakat atau hanya ditampilkan peserta untuk menghadapi lomba saja.

Desa dan Kelurahan peserta lomba 10 Program Pokok PKK ini nantinya akan ditentukan satu pemenang yang akan mewakili Kota Tidore Kepulauan pada lomba 10 Program Pokok PKK di tingkat Provinsi Maluku Utar. (MC Tidore/Kus)