Supriansyah, Warga Desa Mantimin Ciptakan Enam Teknologi Baru

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Rabu, 7 Maret 2018 | 08:06 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Paringin, InfoPublik - Siapa yang menyangka, seorang warga Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Ahmad Supriansyah berhasil membuat karya teknologi inovasi tepat guna.

Dari sentuhan tangannya hingga sekarang sudah ada enam karya teknologi inovasi yang sudah dibuatnya.

Keenam teknologi inovasi itu adalah Gumbaan Tenaga Surya, teknologi pertama ini bahkan dibuatnya menjadi tiga generasi yaitu Gumbaan Tenaga Surya Generasi I dari barang bekas, Gumbaan Tenaga Surya Generasi II dari papan, dan Gumbaan Tenaga Surya Generasi III dari aluminium.

Kemudian Mesin Pengaduk Dodol, Mesin Multifungsi Mengupas, Membelah, Memisah, dan Mengiris buah tiwadak, Mesin Pengayak Tepung, Mesin Spinner, Mesin Multifungsi Pengupas Kelapa.

Ahmad Supriansyah mengungkapkan, pertama kali membuat teknologi tersebut pada tahun 2015 karena permintaan dari salah satu dinas untuk diikutkan di pameran nasional di Samarinda.

"Yaitu Gumbaan Tenaga Surya, ide ini muncul melihat gumbaan tradisional yang hanya menggunakan tangan, nah dengan adanya mesin ini petani tinggal diam saja memasukkan benih, sementara mesin yang memutar gumbaannya, karena pakai tenaga surya," jelasnya.

Bahkan kini dengan teknologi tersebut sampai generasi III sudah ada beberapa warga di Kabupaten Balangan yang tertarik untuk memesan. (MC Balangan/ME/Kus)