Jakarta, InfoPublik - Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono mengatakan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di awal 2018 ini nihil, hal ini berkat kerja sama dari berbagai pihak yang terlibat mulai dari BMKG, KLH, BNPB dan lainnya.

Hal itu disampaikannya dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Tanggap Bencana: Kerja dan Antisipasi”, bertempat di Gedung Serba Guna Roeslan Abdul Gani Kemkominfo, Jakarta, Senin (5/3).

Selanjutnya, Bambang Hendroyono menegaskan bahwa dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK dalam sektor KLH memegang 4 poin penting untuk penanganan yang serius. Keempat poin penting itu adalah soal karhutla, pemerataan ekonomi, penegakan hukum, dan pengendalian perubahan iklim.

"Kami ingin memperlihatkan bagaimana karhutla yang memang sumber penyebabnya adalah manusia sehingga kini menjadi bagian yang harus diselesaikan," ungkapnya.

Ia menambahkan pertama kali implementasi siaga darurat yang disampaikan oleh Presiden RI adalah pada 2015, dimana ada sistem terpadu untuk mengintegrasikan kita samua.

"Menjelang 2018, kami sudah mengantisipasi dan Insha Allah kota Jakarta dan Palembang akan terjaga, dan Asian Games bisa terlaksana dengan baik," ujar Bambang Hendroyono lagi. (FMB9)