Padang, InfoPublik - Dinas Perdagangan Kota Padang akan merevitalisasi tiga pasar satelit  tahun 2018, sehingga delapan pasar satelit yang ada mendapatkan tempat yang lebih representatif. “Pasar satelit yang belum dibenahi akan dikerjakan pada 2018,”ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal, Selasa (6/3).

Delapan pasar satelit yang ada, lima di antaranya sudah direvitalisasi, yakni Pasar Lubuk Buaya, Pasar Nanggalo, Pasar Bandar Buat, Pasar Belimbing, serta Pasar Alai. Sedangkan tiga lainnya Pasar Ulak Karang, Pasar Tanah Kongsi, dan Pasar Simpang Haru, akan dikerjakan pada 2018.

“Untuk pasar Belimbing, pengerjaan masih akan berlanjut di 2018. Saat ini pengerjaan masih seperempat jalan, sisanya tiga perempat lagi dilanjutkan di 2018 dengan APBD sekitar Rp6 milliar,” sebut Endrizal

Untuk Pasar Ulak Karang sudah ada pihak ketiga yang bersedia membangun.Sementara itu, untuk Pasar Tanah Kongsi dan Pasar Simpang Haru, Dinas Perdagangan masih mencarikan pihak ketiga yang mau membangun pasar rakyat tersebut.

Untuk revitalisasi Pasar Tanah Kongsi, disebutkan  membutuhkan anggaran sekitar Rp18 miliar, sedangkan untuk Pasar Simpang Haru bisa mencapai Rp200 miliar.

“Tergantung bagaimana maunya pihak ketiga membangun dua pasar tersebut. Rencananya, Pasar Simpang Haru besar anggarannya karena akan dibuat juga hotel,”ungkap Endrizal.

Ia berharap dengan diperbaikinya pasar-pasar satelit itu, bisa menjadikan kembali Kota Padang sebagai pusat perdagangan. Sehingga, perekonomi pedagang bisa meningkat lagi. (mc Padang/Wina/toeb).