Infrastruktur Jadi Prioritas RPJMD 2017 - 2022 Cilacap

:


Oleh MC Kabupaten Cilacap, Selasa, 6 Maret 2018 | 09:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 489


Cilacap, InfoPublik - Pembenahan infrastruktur menjadi prioritas utama Pemkab Cilacap dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap 2017 – 2022.

Hal itu ditegaskan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji usai acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Patra Graha Jalan MT. Haryono Cilacap, Selasa (27/2).

Prioritas lainnya yakni pembangunan Puskesmas rawat inap dan ruang terbuka hijau (RTH) di tiap kecamatan.

“Jalan itu prioritas utama. Kenapa? Karena pembangunan membutuhkan akses jalan yang memadai”, kata Tatto.

Diakui, kemampuan APBD Cilacap untuk membenahi seluruh infrastruktur di wilayah ini sangat terbatas. Oleh karena itu, Pemkab Cilacap akan menentukan ruas yang mendapatkan prioritas utama.

Sementara itu, Plt. Sekda Cilacap Farid Ma’ruf menegaskan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, mulai 2019 Pemkab Cilacap akan mengimplementasikan e-government melalui e-planning dan e-budgeting. Tujuannya untuk menjaga integritas dan komitmen dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Ini akan menjadi tugas Dinas Kominfo. Nanti kita perkuat SDM dan prasarananya dan Kominfo sendiri sudah siap”, tegas Farid.

Target lainnya peningkatan kualitas layanan pendidikan dasar dalam perwujudan sekolah berstandar pelayanan minimal pada 2018. Peningkatan kualitas sarpras kesehatan dasar dan rujukan dalam perwujudan masyarakat sehat pada 2019.

Peningkatan kualitas infrastruktur wilayah dalam memperkuat pengembangan wilayah pinggiran dan perbatasan pada 2020. Pembangunan ekonomi dan infrastruktur wilayah dalam rangka memperkuat pengembangan wilayah pinggiran dan perbatasan pada 2021. 

“Dengan langkah tersebut, diharapkan pada 2022, peningkatan kualitas infrastruktur wilayah mencapai universal akses baik umum, sanitasi, maupun air minum”, tegasnya.

Foto : Kepala DPUPR Cilacap, Alexander Ristiyanto menandatangani MoU RPJMD Kabupaten Cilacap 2017 - 2022 disaksikan Plt. Sekda Farid Maruf, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Dian Setyabudi. (MC.Kab.Cilacap/don_gs/eyv).