Jakarta, InfoPublik - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menjadi keynote speech pada acara Pembukaan Data Focus Conference 2018 oleh Kedutaan Besar Kroasia di Indonesia, Senin (5/3), di  Hotel Borobudur Jakarta.

Menhan mengatakan acara ini  forum pertemuan yang sangat penting untuk memperkuat komunikasi dan dialog interaktif yang produktif untuk secara bersama-sama mencari kesamaan pandangan didalam menghadapi persoalan dan tantangan bersama, khususnya pada era globalisasi baru yang pada gilirannya dapat mengganggu stabilitas dan keamanan internasional maupun kawasan.

Di sisi lain, Menhan mengimbau masyarakat untuk menangkal ancaman lone wolf dan terorisme, semangat Bela Negara masyarakat harus ditingkatkan. Mindset masyarakat harus terus diperkuat agar kebal dari pengaruh ideologi radikal maupun antipati cara pandang penuh kebencian terhadap perbedaan SARA.

Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi telah menguatkan komitmen jati diri bangsa yaitu Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara yang sah.

Menhan juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk memilih pemimpin secara fair dan demokratis, sehingga nantinya Indonesia akan mendapatkan pemimpin terbaik dan amanah. 

”Dan janganlah menghalalkan segala cara untuk memenangkan pemilu melalui penyebaran berita-berita hoax yang menyesatkan, bertentangan dengan hukum, agama, yang disebabkan berita tersebut berisi fitnah dan merupakan perbuatan yang sangat tidak disukai oleh tuhan,” ungkap Menhan.