Berbagai Persiapan Dilakukan Untuk Pelaksanaan Haul Guru Sekumpul

:


Oleh MC Banjar, Senin, 5 Maret 2018 | 11:51 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Martapura, InfoPublik – Meski pelaksanaan haul ke 13  KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang juga dikenal sebagai Guru Sekumpul masih sekitar sebulan lagi, namun Pemerintah Kabupaten Banjar intens melakukan persiapan. Rapat pelaksanaan haul ulama kharismatik asal Kota Martapura Kabupaten Banjar, Propinsi Kalimantan Selatan tersebut dilaksanakan belum lama ini di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Rapat persiapan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya. Selain itu juga dilibatkan PT PLN dan PDAM Intan Banjar untuk menjamin ketersediaan pasokan listrik dan air. Tak ketinggalan perwakilan dari keluarga Guru Sekumpul Fauzan Asniah.

Pada rapat yang dipimpin oleh Asisten Bidang Kesra dan Pembangunan Pemkab Banjar, H Masruri dan dimoderatori oleh Kabag Kesra Muhammad Asliansyah, terungkap bahwa panitia telah menyiapkan sebanyak 4.403 blek beras untuk acara haul tersebut.

Guru Sekumpul sendiri merupakan seorang ulama besar yang menjadi panutan masyarakat di Kalimantan Selatan. Jamaah beliau tak hanya datang dari Kalimantan Selatan namun banyak juga yang dari propinsi lain baik di Kalimantan maupun di luar Kalimantan. Tak heran setiap pelaksnaan haul beliau, selalu saja dipenuhi oleh jamaah yang datang dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Mesir dan lainnya.

Pelaksnaan haul ke 13 tahun ini akan digelar pada Minggu, 25 Maret 2018. Menurut Fauzan Asniah, acara haul sudah dimulai pada Jumat malam namun hanya terbatas untuk kalangan keluarga. Selanjutnya pada Sabtu haul dilaksanakan di kubah di Jalan Sekumpul Martapura.

“Puncaknya pada Minggu malam yang biasanya dihadiri oleh ratusan ribu jamaah dari berbagai daerah,” ujar Fauzan.

Pada rapat disampaikan bahwa Dinas Perhubungan dengan pihak kepolisian dan para relawan telah menyepakati alur untuk masuk dan keluar jamaah. Bahkan, panitia telah membuat website sebagai panduan bagi jamaah yang ingin mengikuti haul yakni www.arraudhahsekumpul.com

Diperkirakan, jamaah yang mengikuti acara haul tahun ini akan lebih banyak disbanding sebelumnya.

“Kita ingin agar pelaksanaan haul tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu,” ujar Masruri.

Perwakilan dari PT PLN Kalselteng dan PDAM Intan Banjar menyatakan siap mendukung kelancaran pelaksanaan haul, dengan penyediakan pasokan listrik dan air bersih.

Begitupula dengan Dinas Kesehatan menyatakan akan menambah posko kesehatan menjadi 39 titik dengan petugas medis sebanyak 350 orang.

Sedangkan Dinas Kominfo Statistik dan Persandian akan menyiapkan berbagai informasi tentang pelaksanaan haul bagi para jamaah, baik mengenai jalur lalu-lintas, tempat-tempat untuk berisitirahat, serta lokasi untuk menghinap dan posko kesehatan. (MC-Kab.Banjar/dani)