Shopping Center Terbakar, Pemprov Gorontalo Anggarkan Rp. 25 Milyar

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Senin, 5 Maret 2018 | 11:05 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 348


Gorontalo, InfoPublik - Shopping Center di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo (Kabgor), terbakar Jumat pekan lalu, sehingga membuat Pemerintah Provinsi Gorontalo turun tangan. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama jajarannya meninjau langsung pusat perbelanjaan terbesar di Kabgor itu, Senin (5/3).

Kehadiran Gubernur diterima oleh Bupati Nelson Pomalingo serta ratusan para pedagang yang menjadi korban kebakaran. Kerugian dari musibah pasar yang dibangun tahun 1982 itu ditaksir sebesar 29 Milyar Rupiah sementara kerugian pedagang mencapai angka 3 Milyar Rupiah.

“Kami laporkan juga pak gubernur, sebenarnya tahun ini kami menganggarkan 7 Milyar Rupiah untuk renovasi Shopping Center ini. Tapi dari kebakaran sepertinya tidak bisa renovasi tapi harus dilakukan pembangunan baru,” jelas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Neslon berkeinginan agar pusat perbelanjaan itu dibangun baru dengan desain dan fungsi yang lebih modern. Ia menyebut jika pembangunan baru akan menelan anggaran lebih dari 100 Milyar Rupiah. Oleh karena itu ia berharap Pemprov Gorontalo bisa membantu bekerjasama dengan pemerintah pusat.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjanjikan akan membangun kembali dengan menggunakan dana APBD sebesar 25 Milyar Rupiah. Ia tidak berani menjanjikan anggaran lebih, sebab hal itu butuh proses dan waktu yang lama.

“Saya lihat pasar ini tidak bisa lama nganggur dan rusak seperti ini (harus segera dibangun baru). Apalagi saya tahu persis ibu bapak penjual ini punya pembicaraan dengan pihak bank. Semakin lama tidak dibayar maka hutangnya semakin menumpuk,” ungkap Rusli prihatin.

Oleh karena itu, pihaknya menawarkan dua opsi. Pertama menunggu anggaran 100 Milyar dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang memakan waktu cukup lama. Kedua, segera membangun baru melalui dana APBD provinsi.

“Kalau masyarakat ingin shopping center cepat dibangun dan modelnya agak modern sedikit maka kami bisa kerjakan. (Pasar ini) ukurannya 5000 Meter kali 5 Juta permeter, maka anggarannya sekitar 25 Milyar. Kalau 25 Milyar Rupiah, kami dari provinsi bisa bangun tahun depan,” janjinya.

Pemkab diminta segera memasukkan laporan terkait dengan musibah ini. Termasuk memasukkan daftar nama para pedagang yang menjadi korban kebakaran. Rusli menjanjikan akan menanggung 2 Milyar Rupiah dari total kerugian yang mencapai 3 Milyar Rupiah. Sisanya dibebankan kepada pemerintah kabupaten.(Isam/MCProvinsiGorontalo/Eyv)