RS Kusta Alverno Singkawang Rekontruksi Penderita Kusta

:


Oleh MC Kota Singkawang, Senin, 5 Maret 2018 | 07:18 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Singkawang, InfoPublik - Bermula dari itikad baik untuk membantu sesama alumi, para guru dan para siswa se alma mater Kolese Santo Yusup (Hua Ind) yang berlokasi di kota Malang Jawa Timur, dengan hati yang penuh belas kasih, tulus dan ikhlas untuk membantu, berderma dan berbagi kasih, mengembangkan kebahagiaan, melenyapkan penderitaan sesama dan bersama sama menanamkan kebajikan melalui cinta kasih yang tulus.

Maka pada tanggal 20 Mei 2011, didirikanlah Persos Hwa Ind untuk mengajak dan menggerakkan segenap alumni beserta jaringannya untuk bersama-sama berderma, berbakti sosial, menyalurkan berkat dan menebarkan kasih.

Kegiatan awal Persos Hua Ind membantu keluarga besar Kolese Santo Yusup yang membutuhkan, baik dalam bantuan pengobatan maupun bea siswa. Persos Hwa Ind terus berkembang dengan bertambahnya alumni yang melibatkan diri baik langsung maupun tidak langsung, dengan menyalurkan bantuan tenaga, pikiran, dana maupun natura sehingga Persos Hwa Ind mampu berbuat lebih banyak untuk membantu masyarakat umum.

Nah, kali ini Persos Hua Ind Kerjsama Tim Medis DR Sutomo Surabaya dengan RS Alverno menggelar bakti sosial rekonstruksi Medis Leprosi. Setelah melakukan kunjungan ke RS Kusta Alverno Singkawang.

“Persos Hwa Ind tergerak untuk membantu meringankan beban saudara saudari kita yang dirawat di RS Alverno Singkawang,” ungkap Merry Tanhart, Ketua Persos Hua Ind, Jumat (2/3).

Bekerjasama dengan para dokter RS DR Sutomo, Surabaya Dr. Heri Suroto Sp OT(K), Dr. Herlambang Budi Mulyono Sp. OT, Dr. Wirinro Wisnubroto Sp. OT, Dr. M. Nasrullah Sp. OT, Dr. Soni Sunarso Sulistiawan Sp. An. FIPM, Dr. Imamudin Arif Wicaksono, Dr. Airi Mutiar

Dengan difasilitasi oleh RS Alverno Singkawang pada 2-4 Maret dilaksanakan rekonstruksi untuk penderita kusta yang telah sembuh.

Rekonstruksi dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi organ tubuh yang cacat akibat penyakit kusta secara optimal agar meningkatkan rasa percaya diri dan mampu untuk  kembali beraktifitas dengan lebih baik sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Sekitar 20 orang akan diberikan bantuan bedah rekonstruksi tanpa dipungut biaya apapun.

“Team Medis RSUD dr. Sutomo memberikan tenaga dan keahliannya secara secara cuma cuma sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial,”katanya.

Persos Hwa Ind membantu persiapan pasien dengan melakukan Medical Check Up, menyediakan peralatan, obat obatan saat dan pasca operasi dan sarana lainnya yang diperlukan. Mengingat masih dalam suasana Tahun Baru Imlek juga diberikan Angpao bagi mereka yang dirawat sebagai bentuk perhatian dan kasih. Pelaksanaannya difasilitasi oleh RS Alverno Singkawang yang menyediakan tempat dan saran penunjang lainnya.

Bakti sosial ini dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Persos Hua Ind ke Singkawang dalam rangka menyaksikan perayaan Cap Go Meh yang menjadi icon pariwisata kota Singkawang yang dikemas dalam acara “Wisata Baksos Persos Hua Ind sebagai wujud kepedulian sosial alumi Kolese Santo Yusup Malang.(MC. Singkawang/Vhutra/Eyv)