Umat Budha Temanggung Gelar Peringatan Hari Margha Puja

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Jumat, 2 Maret 2018 | 08:27 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Temanggung, InfoPublik - Setiap bulan purnama di bulan Februari atau Maret, umat Buddha seluruh dunia khususnya di Asia Tenggara, merayakan peringatan Hari Magha Puja.

Ibu-ibu yang tergabung dalam Wandani (Wanita Theraweda Indonesia) bekerjasama dengan Lembaga Bina Manggala Sejahtera, Rabu (28/2), di Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengadakan Perayaan Magha Puja sekaligus merayakan ulang tahun yang ke-3 Wandani dan yang diikuti ratusan umat Budha dari 18 vihara  serta dihadiri oleh para pejabat tingkat kecamatan dan masyarakat umum.

Setelah doa bersama di Vihara dilanjutkan dengan penyalaan dupa oleh jemaat yang hadir dan dilanjutkan kirab keliling dusun dengan membawa nasi tumpeng dari hasil bumi yang disusun menjadi gunungan diiringi doa bersama disepanjang jalan yang dilalui.

“Perayaan Magha Puja ini kita selenggarakan untuk mempererat tali persaudaraan dan untuk mempermudah komunikasi umat Budha dari berbagai Vihara yang ada dikecamatan Kaloran bagian timur, juga bertepatan hari ulang tahun Wandani yang ke-3, selain itu kita berharap kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin selama ini menjadi semakin solid lagi, selain itu kita selalu menjaga dan menyerukan kepada jemaat agar selalu menjaga toleransi antar keyakinan yang ada di wilayah masing-masing,” ungkap Wardani (45) selaku Ketua Wandani Kecamatan Kaloran.

Tercapainya tujuan menjaga kerukunan umat beragama di desa tersebut terlihat dari partisipasi masyarakat dari berbagai keyakinan dalam membantu persiapan sebelum kegiatan perayaan Magha Puja dilaksanakan. (MC TMG / Penulis / Foto : Coeplis / Editor ; Ekape/Eyv)