Unair Berikan Fasilitas Pendampingan Usaha Mahasiswa

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 5 Maret 2018 | 14:11 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 305


Surabaya, InfoPublik - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memberikan fasilitas terhadap para mahasiswa yang ingin berwirausaha melalui pendampingan pelatihan dan pengawasan dari Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Unair.

Berbagai program kewirausahaan dapat diikuti para mahasiswa UNAIR. Salah satunya, Pekan Mahasiswa Wirausaha (PMW), yaitu sebuah program yang memberikan fasilitas pendampingan dan pendanaan terhadap ide serta konsep usaha mahasiswa yang terpilih.

”Telah banyak wirausaha mahasiswa yang muncul melalui event ini (PMW, Red),” ujar Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Tri Siwi Agustina dari Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga, Rabu (28/2).

Tri menambahkan, saat ini berwirausaha seolah menjadi trend dan mampu menularkan semangat bagi kaum muda untuk menggeluti beberapa sektor. Banyak pemicunya, diantaranya adalah laju perkembangan teknologi. Akibatnya, kata Tri, orientasi kehidupan lebih banyak dipengaruhi oleh media sosial. Karena itu, peluang usaha, baik mikro maupun makro, sangat terbuka.

Avelina salah satu mahasiswi yang banyak terbantu Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK), memulai wirausaha karena keinginannya membuat produk yang unik, berbeda dengan yang lain. Ide Sempol Mumang pun muncul. ”Saya ingin membuat produk sempol yang berbeda dengan yang lain. Yakni, ada keju dan bahan makanan yang kekinian lainnya,” jelasnya.

Venny, mahasiswi lainnya yang mencoba berwirausaha, menyampaikan hal yang serupa. Teori-teori dari kelas menuntunnya pada usaha yang digelutinya kini. Selain itu, berdasarkan pengalaman pribadi dikatakan Venny juga memberikan ide untuk membuat produk yang disebut Beauty Nature Masker Kefir, usahanya kini.

”Dulu wajah saya berjerawat yang lumayan. Ini terjadi karena saya suka berganti masker. Melalui pengalaman ini, muncul ide membuat produk Nature Masker Kefir,” ungkapnya.(MC Diskominfo prov Jatim/non-mad/TR)