315 Calon Jemaah Haji Asal Bangka Telah Lakukan Persiapan

:


Oleh MC Prov Bangka Belitung, Sabtu, 3 Maret 2018 | 21:53 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 364


Bangka, InfoPublik - Sebanyak 315 calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung telah melaksanakan berbagai prosedur yang ditetapkan untuk keberangkatan saat ibadah haji mendatang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, H. Nasution mengatakan hingga saat ini total jemaah yang akan berangkat nanti tercatatt baru sebanyak 320 orang.

"Yang terdaftar ada 320 orang, namun yang tidak siap dan mengundurkan diri ada 5 orang, jadi ada 315 calon ketika kita panggil di masjid Agung Sungailiat kemarin," ujar Nasution, Selasa (27/2) di Sungailiat.

Nasution mengungkapkan, semua calon Jemaah Haji tersebut telah melakukan persiapan. Mulai pemeriksaan kesehatan, penyelesaian administrasi, dan lain sebagainya termasuk pelunasan biaya haji.

"Mereka sebagian telah melakukan penyelesaian administrasi dan paspor, pemeriksaan kesehatan dan lainnya. Kalau manasik haji, nanti diadakan setelah dekat waktu untuk melakukan ibadah haji, dan kita akan mengkoordinir. Untuk sekarang, masih belajar mandiri dulu di masing-masing masjid yang dekat dengan rumah Jemaah, ada di Masjid At Ittihad Sri Menanti, di Masjid Agung Sungailiat dan Masjid lainnya," katanya.

Sejauh ini dikatakannya, jika pelaksanaan proses haji masih lancar dan tak ada kendala berarti, dan untuk masalah kesehatan jemaah terutama dengan penyakit-penyakit tertentu, izin berangkatnya dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan.

"Kalau di Bangka ada berdasarkan laporan, namun sejauh ini kita terus mengupayakan untuk menyembuhkannya dengan pantauan dari tim kesehatan," katanya.

Di Tahun 2018, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperoleh kuota sejumlah 1.061 Jemaah untuk reguler dan 8 Jemaah untuk TPHD.

"Jadi siapa saja bebas mendaftar asal mampu untuk TPHD, namun yang utama bisa bahasa arab dan inggris, dan lainnya. Silakan mendaftar, siapa tahu bisa berangkat haji melalui TPHD dan hal tersebut merupakan kewenangan atau urusan Pemprov Babel," jelas Nasution. (MC ProvBabel/HK/HS/TR)