Bantu Tingkatkan Swasembada Pangan Dengan Sungguh-Sungguh

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 27 Februari 2018 | 19:59 WIB - Redaktur: Tobari - 297


Sumenep, InfoPublik -  Kapten Inf. Untung Teguh Santoso, selaku Danramil 0827/08 Ganding, mengajak seluruh anggotanya, khususnya di masing-asming Desa binaan dalam hal ini Babinsa, dapat bersungguh-sungguh dalam membantu petani untuk menyukseskan swasembada pangan, terutama padi.

“Kita harus bersungguh-sungguh membantu petani untuk menyukseskan swasembada pangan, seperti padi, karena padi merupakan tanaman komoditi pertanian yang memiliki potensi sangat besar,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (27/2).

Menurutnya, tanaman padi perlu dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Karena itu, diperlukan perawatan yang dimulai dari mengolah lahan untuk penyiapan, mencabuti rumput liar, serta memberikan obat-obatan, guna mencegah hama menyerang.

Menurutnya, Babinsa sebagai motor penggerak dalam menyukseskan swasembada pangan harus selalu memberikan dorongan, baik tenaga maupun pengetahuan kepada petani, agar mereka bisa mengolah pertaniannya dengan baik.

Hal sama juga diungkapkan Babinsa Rumbiya Barat, Koramil 0827/08 Ganding, Serda Andri Eka, jika pertumbuhan pertanian yang baik akan menghasilkan peningkatan produksi pangan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat, karena itu pihaknya membantu petani melakukan perawatan secara terus menerus, seperti yang dilakukannya.

“Salah satu caranya, dengan melakukan penyiangan rumput liar pengganggu tanaman padi, atau yang disebut gulma yang berada di sekitar tanaman, agar tanaman padi dapat tumbuh dengan subur,” ungkapnya.

Ditambahkan, dalam meningkatkan program swasembada pangan di wilayah binaannya, dirinya tanpa kenal ragu dan tidak mengenal lelah akan selalu berupaya yang terbaik serta semaksimal mungkin, guna mendukung program ketahanan pangan dengan memberikan pendampingan kepada para petani. ( Ren/Esha/Fer /toeb)