Dinas Kominfo Studi Banding Tingkatkan Kualitas Pelayanan

:


Oleh MC Kab Kolaka Utara, Rabu, 28 Februari 2018 | 10:57 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 912


Kolaka Utara, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanannya, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan studi banding ke lembaga yang sama di Kota Surabaya.

Rombongan yang berjumlah 10 orang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Surabaya, Antiek Sugiarharti, Senin (26/2).

Kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Surabaya karena lembaga ini adalah salah satu yang terbaik dalam pengelolaan komunikasi dan informasi publik. Sistem tata kelola pelayanan informasinya terintegrasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Begitu pula penerapan aplikasi serta akses bagi masyarakat temasuk pengaduan, terkelola dengan sistematis.

"Mereka merupakan kota yang menerapkan sistem pemerintahan berbasis aplikasi yang tentunya tak lepas dari peran Dinas Kominfo," ujar Sudirman.AP, Sekretaris Dinas Kominfo Kolaka Utara.

Studi banding sendiri, dikatakan Sudirman dilakukan di dua tempat, setelah Dinas Kominfo Kota Surabaya, rumbongan langsung akan menuju Dinas Kominfo Kabupaten Banyuwangi. "Harapannya pelajaran yang didapatkan bisa diterapkan di Kab. Kolaka Utara sehingga dapat memberi pelayanan informasi yg efektif dan efisien," kata Sudirman.

Saat yang sama, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Kolut, Naim Nur, mengakui masih terkendala beberapa hal dalam upaya peningkatan kapasitas pelayanan informasi dan kamunikasi di wilayahnya. Salah satunya adalah kendala anggaran yang tida memadai.

"Tidak mudah menerapkan sistem ini karena harus didukung oleh SDM yang mumpuni dan tentu dukungan anggaran yang memadai," ujarnya.

Namun begitu, usai kunjungan ke dua dinas di Jawa Timur ini dirinya menegaskan menjadi sebuah kewajiban untuk memaksimalkan segala potensi yang dimiliki. "Ini merupakan tuntutan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik," katanya.(MC. Kabupaten Kolaka Utara/TR)